Logo Ipm

Logo IPM: Simbol Perjuangan dan Kebanggaan Pelajar Muhammadiyah

Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) merupakan organisasi otonom Muhammadiyah yang beranggotakan pelajar dan mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan. IPM didirikan pada tanggal 18 Juli 1961 di Yogyakarta.

Logo IPM merupakan simbol perjuangan dan kebanggaan bagi setiap kader IPM. Logo ini memiliki makna yang mendalam dan sarat dengan nilai-nilai Islam.

Komponen Logo IPM

Logo IPM terdiri dari lima komponen utama, yaitu:

  • Lingkaran
  • Tunas
  • Sinar Matahari
  • Ayat Al-Quran
  • Tulisan IPM

Makna Logo IPM

Lingkaran

Lingkaran melambangkan kebulatan tekad dan kesatuan IPM. Lingkaran juga melambangkan kebesaran dan kemuliaan Islam.

Tunas

Tunas melambangkan harapan dan semangat baru bagi perjuangan IPM. Tunas juga melambangkan pertumbuhan dan perkembangan IPM.

Sinar Matahari

Sinar matahari melambangkan cahaya kebenaran dan keadilan. Sinar matahari juga melambangkan semangat IPM untuk selalu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Ayat Al-Quran

Ayat Al-Quran yang terdapat dalam logo IPM adalah QS. Al-A’raf ayat 157. Ayat ini berbunyi:

"Dan Kami telah jadikan di antara mereka pemimpin-pemimpin yang mengajak kepada kebajikan, dan menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Dan mereka adalah orang-orang yang mendapat kebaikan."

Ayat ini merupakan acuan bagi IPM untuk senantiasa berpegang teguh pada ajaran Islam dan berjuang untuk mewujudkan masyarakat yang berkeadilan dan makmur.

Tulisan IPM

Tulisan IPM melambangkan identitas IPM sebagai organisasi pelajar dan mahasiswa Muhammadiyah.

Perkembangan Logo IPM

Logo IPM telah mengalami beberapa kali perubahan sejak pertama kali diresmikan pada tahun 1961. Perubahan logo IPM ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan organisasi.

Logo IPM yang pertama kali digunakan memiliki bentuk lingkaran dengan gambar tunas di tengahnya. Di bagian atas lingkaran terdapat tulisan "IPM" dan di bagian bawah lingkaran terdapat tulisan "Ikatan Pelajar Muhammadiyah".

Pada tahun 1973, logo IPM mengalami perubahan dengan menambahkan gambar sinar matahari di atas tunas. Perubahan ini dilakukan untuk memperkuat makna logo IPM sebagai simbol perjuangan dan semangat kebangkitan.

Pada tahun 1992, logo IPM mengalami perubahan lagi dengan menambahkan tulisan "Muhammadiyah" di bawah tulisan "IPM". Perubahan ini dilakukan untuk memperkuat identitas IPM sebagai organisasi otonom Muhammadiyah.

Logo IPM yang digunakan saat ini adalah hasil perubahan terakhir yang dilakukan pada tahun 2013. Perubahan ini dilakukan untuk mempertegas makna logo IPM sebagai simbol perjuangan dan kebanggaan pelajar Muhammadiyah.

Makna Logo IPM bagi Kader IPM

Logo IPM memiliki makna yang mendalam dan sarat dengan nilai-nilai Islam. Bagi setiap kader IPM, logo ini merupakan simbol perjuangan dan kebanggaan.

Logo IPM mengingatkan setiap kader IPM untuk senantiasa berpegang teguh pada ajaran Islam dan berjuang untuk mewujudkan masyarakat yang berkeadilan dan makmur.

Logo IPM juga menjadi sarana untuk mengekspresikan semangat dan komitmen kader IPM dalam memperjuangkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan.

Simbol Perjuangan dan Kebanggaan

Logo IPM merupakan simbol perjuangan dan kebanggaan bagi setiap kader IPM. Logo ini menjadi sarana untuk mengekspresikan semangat dan komitmen kader IPM dalam memperjuangkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan.

Logo IPM juga menjadi inspirasi bagi setiap kader IPM untuk senantiasa berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Check Also

Apa arti dan makna dari kata Bravo?

Kata “bravo” adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Italia yang berarti “bagus” atau “hebat”. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *