Types Of Narrative Text

Jenis-Jenis Teks Naratif

Teks naratif adalah jenis teks yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian secara kronologis atau berurutan. Teks naratif dapat bersifat fiksi atau nonfiksi. Teks naratif fiksi biasanya disebut sebagai cerita, sedangkan teks naratif nonfiksi biasanya disebut sebagai narasi sejarah atau narasi biografi.

Teks naratif memiliki struktur yang terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Orientasi

Orientasi adalah bagian awal dari teks naratif yang berfungsi untuk memperkenalkan tokoh, latar, dan waktu terjadinya peristiwa.
[Image of Bagian Orientasi dalam Teks Naratif]

  • Komplikasi

Komplikasi adalah bagian inti dari teks naratif yang menceritakan peristiwa-peristiwa yang terjadi. Bagian ini biasanya berisi konflik atau permasalahan yang dialami tokoh.
[Image of Bagian Komplikasi dalam Teks Naratif]

  • Resolusi

Resolusi adalah bagian akhir dari teks naratif yang menceritakan penyelesaian konflik atau permasalahan yang dialami tokoh. Bagian ini biasanya berisi penyelesaian yang bahagia atau menyedihkan.
[Image of Bagian Resolusi dalam Teks Naratif]

Berdasarkan jenisnya, teks naratif dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Dongeng

Dongeng adalah teks naratif fiksi yang biasanya menceritakan tentang kehidupan makhluk ajaib, seperti peri, raksasa, atau hewan yang bisa berbicara. Dongeng biasanya memiliki akhir yang bahagia.
[Image of Contoh Dongeng]

  • Legenda

Legenda adalah teks naratif fiksi yang biasanya menceritakan tentang suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lalu. Legenda biasanya memiliki latar belakang sejarah yang nyata.
[Image of Contoh Legenda]

  • Fabel

Fabel adalah teks naratif fiksi yang biasanya menceritakan tentang hewan yang dapat berbicara dan memiliki perilaku seperti manusia. Fabel biasanya memiliki pesan moral yang ingin disampaikan kepada pembaca.
[Image of Contoh Fabel]

  • Mitos

Mitos adalah teks naratif fiksi yang biasanya menceritakan tentang suatu kepercayaan atau keyakinan masyarakat. Mitos biasanya memiliki latar belakang sejarah yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya.
[Image of Contoh Mitos]

  • Cerita rakyat

Cerita rakyat adalah teks naratif fiksi yang biasanya menceritakan tentang kehidupan masyarakat di suatu daerah tertentu. Cerita rakyat biasanya memiliki nilai-nilai budaya yang ingin dilestarikan.
[Image of Contoh Cerita Rakyat]

  • Cerita pendek

Cerita pendek adalah teks naratif fiksi yang biasanya memiliki jumlah halaman yang tidak terlalu banyak. Cerita pendek biasanya memiliki konflik yang lebih sederhana daripada novel.
[Image of Contoh Cerita Pendek]

  • Novel

Novel adalah teks naratif fiksi yang biasanya memiliki jumlah halaman yang banyak. Novel biasanya memiliki konflik yang kompleks dan lebih kompleks daripada cerita pendek.
[Image of Contoh Novel]

  • Biografi

Biografi adalah teks naratif nonfiksi yang menceritakan tentang kehidupan seseorang dari masa kecil hingga dewasa. Biografi biasanya ditulis oleh orang lain, bukan oleh orang yang diceritakannya.
[Image of Contoh Biografi]

  • Autobiografi

Autobiografi adalah teks naratif nonfiksi yang menceritakan tentang kehidupan seseorang dari masa kecil hingga dewasa. Autobiografi ditulis oleh orang yang diceritakannya sendiri.
[Image of Contoh Autobiografi]

  • Narasi sejarah

Narasi sejarah adalah teks naratif nonfiksi yang menceritakan tentang suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lalu. Narasi sejarah biasanya ditulis berdasarkan sumber-sumber sejarah yang dapat dipercaya.
[Image of Contoh Narasi Sejarah]

  • Narasi perjalanan

Narasi perjalanan adalah teks naratif nonfiksi yang menceritakan tentang suatu perjalanan yang dilakukan oleh seseorang. Narasi perjalanan biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulisnya.
[Image of Contoh Narasi Perjalanan]

  • Narasi ilmiah

Narasi ilmiah adalah teks naratif nonfiksi yang menceritakan tentang suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi di bidang ilmu pengetahuan. Narasi ilmiah biasanya ditulis berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan.
[Image of Contoh Narasi Ilmiah]

  • Narasi jurnalistik

Narasi jurnalistik adalah teks naratif nonfiksi yang menceritakan tentang suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi di dunia nyata. Narasi jurnalistik biasanya ditulis oleh wartawan berdasarkan hasil liputannya.
[Image of Contoh Narasi Jurnalistik]

Kesimpulan

Teks naratif adalah jenis teks yang memiliki struktur dan jenis yang beragam. Teks naratif dapat digunakan untuk menghibur, memberikan informasi, atau mengekspresikan perasaan.

Check Also

Sejarah kujang, Senjata Pusaka dan Simbol Budaya Sunda

Kujang adalah sebuah senjata tradisional khas Sunda yang telah ada sejak berabad-abad silam. Kujang memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *