Breaking News

Air Terjun Tertinggi Di Dunia Terletak Di Negara

Air Terjun Tertinggi di Dunia Terletak di Venezuela

Air terjun merupakan salah satu fenomena alam yang indah dan menakjubkan. Air terjun terbentuk dari aliran air sungai yang mengalir deras dan jatuh dari tebing yang curam. Di dunia ini terdapat banyak sekali air terjun yang tersebar di berbagai negara. Dari sekian banyak air terjun di dunia, ada beberapa air terjun yang memiliki ketinggian yang sangat tinggi.

Air terjun tertinggi di dunia adalah Air Terjun Angel yang terletak di Taman Nasional Canaima, Venezuela. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 979 meter. Air Terjun Angel juga dikenal dengan nama Kerepakupai Merú dalam bahasa lokal. Air terjun ini mengalir dari tebing yang curam di atas Sungai Kerepakupai.

Air Terjun Angel ditemukan oleh seorang penerbang Amerika Serikat bernama Jimmie Angel pada tahun 1933. Angel pertama kali melihat air terjun ini saat terbang di atas Taman Nasional Canaima. Ia kemudian mendarat di dekat air terjun dan menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di sana.

Air Terjun Angel merupakan salah satu destinasi wisata populer di Venezuela. Air terjun ini dapat dikunjungi dengan menggunakan pesawat terbang atau helikopter. Untuk mencapai air terjun, wisatawan harus melakukan pendakian selama beberapa jam.

Berikut adalah daftar 10 air terjun tertinggi di dunia:

Peringkat Air Terjun Ketinggian (meter) Negara
1 Angel Falls 979 Venezuela
2 Tugela Falls 948 Afrika Selatan
3 Olo’upena Falls 900 Hawaii, Amerika Serikat
4 Yosemite Falls 739 Amerika Serikat
5 Ramnefjellsfossen 840 Norwegia
6 Pu’uka’oku Falls 840 Hawaii, Amerika Serikat
7 Mardalsfossen 705 Norwegia
8 Browne Falls 619 Selandia Baru

Air terjun tertinggi di dunia memang memiliki ketinggian yang sangat fantastis. Namun, selain ketinggian, ada beberapa faktor lain yang juga menentukan keindahan sebuah air terjun, seperti lebar, debit air, dan kecuraman tebing.