Aktivitas Individu Ips Kelas 8 Semester 2 Hal 221

Aktivitas Individu IPS Kelas 8 Semester 2 Hal 221: Kajian Perlawanan Rakyat Terhadap VOC

Pada halaman 221 buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 semester 2, terdapat aktivitas individu yang berjudul "Kajian Perlawanan Rakyat Terhadap VOC". Aktivitas ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang berbagai bentuk perlawanan rakyat Indonesia terhadap VOC.

Untuk menyelesaikan aktivitas ini, siswa diminta untuk melakukan beberapa hal, yaitu:

  1. Mencari informasi tentang perlawanan rakyat Indonesia terhadap VOC dari buku, majalah, atau internet.
  2. Memilih salah satu kisah perlawanan tersebut untuk dikaji lebih lanjut.
  3. Menuliskan hasil kajian tersebut dalam bentuk laporan.

Berikut adalah pembahasan lengkap tentang aktivitas individu IPS kelas 8 semester 2 hal 221:

1. Mencari Informasi

Untuk mencari informasi tentang perlawanan rakyat Indonesia terhadap VOC, siswa dapat menggunakan berbagai sumber, seperti buku, majalah, atau internet. Buku-buku sejarah yang membahas tentang perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah, seperti "Sejarah Nasional Indonesia" karya M.C. Ricklefs, "Sejarah Indonesia" karya Slamet Muljana, dan "Sejarah Indonesia Modern" karya Sartono Kartodirdjo, dapat menjadi sumber yang tepat. Majalah-majalah sejarah, seperti Historia, Tempo, dan Gatra, juga dapat memberikan informasi yang cukup lengkap. Selain itu, internet juga dapat menjadi sumber yang sangat kaya akan informasi tentang sejarah Indonesia.

2. Memilih Kisah Perlawanan

Setelah mendapatkan informasi yang cukup, siswa perlu memilih salah satu kisah perlawanan rakyat Indonesia terhadap VOC untuk dikaji lebih lanjut. Ada banyak kisah perlawanan yang dapat dipilih, seperti perlawanan rakyat Banten, perlawanan rakyat Mataram, perlawanan rakyat Makassar, perlawanan rakyat Bali, dan perlawanan rakyat Aceh.

Dalam memilih kisah perlawanan, siswa perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti:

  • Kedekatan kisah tersebut dengan daerah tempat tinggal siswa.
  • Kompleksitas kisah tersebut, baik dari segi latar belakang, proses, maupun hasil perlawanan.
  • Ketersediaan informasi tentang kisah tersebut.

3. Menulis Laporan

Setelah memilih kisah perlawanan, siswa perlu menulis laporan tentang hasil kajiannya. Laporan tersebut harus mencakup hal-hal berikut:

  • Latar belakang terjadinya perlawanan.
  • Proses perlawanan.
  • Hasil perlawanan.
  • Pengaruh perlawanan terhadap perkembangan bangsa Indonesia.

Berikut adalah contoh laporan tentang perlawanan rakyat Banten:

Laporan Kajian Perlawanan Rakyat Banten

Latar Belakang

Perlawanan rakyat Banten terhadap VOC terjadi pada tahun 1682. Latar belakang terjadinya perlawanan ini adalah kebijakan-kebijakan VOC yang merugikan rakyat Banten, seperti:

  • Memaksa rakyat Banten menjual hasil buminya dengan harga yang rendah.
  • Memungut pajak yang tinggi.
  • Mengangkat pegawai-pegawai Belanda yang tidak memiliki kemampuan.

Proses Perlawanan

Perlawanan rakyat Banten dipimpin oleh Sultan Ageng Tirtayasa. Sultan Ageng Tirtayasa adalah seorang sultan yang bijaksana dan memperjuangkan nasib rakyatnya. Ia menentang kebijakan-kebijakan VOC yang merugikan rakyat Banten.

Perlawanan rakyat Banten berlangsung selama beberapa tahun. Pada awalnya, perlawanan ini berjalan dengan lancar. Rakyat Banten berhasil mengusir Belanda dari Banten. Namun, pada akhirnya, perlawanan ini berhasil dipadamkan oleh Belanda.

Hasil Perlawanan

Meskipun perlawanan rakyat Banten tidak berhasil membebaskan Banten dari kekuasaan Belanda, namun perlawanan ini memiliki beberapa hasil positif, yaitu:

  • Membangkitkan semangat perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah.
  • Menghambat perkembangan VOC di Banten.

Pengaruh Perlawanan

Perlawanan rakyat Banten berpengaruh besar terhadap perkembangan bangsa Indonesia. Perlawanan ini menjadi salah satu pemicu terjadinya perlawanan-perlawanan rakyat lainnya di berbagai daerah di Indonesia.