Ary Ginanjar Agustian

Ary Ginanjar Agustian: Motivator, Pengusaha, dan Pendidikan Indonesia

Ary Ginanjar Agustian adalah seorang motivator, pengusaha, dan pendidik Indonesia yang lahir di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 24 Maret 1965. Ia dikenal sebagai pelopor konsep ESQ (Emotional Spiritual Quotient), yaitu sebuah konsep pembangunan karakter yang komprehensif dan integratif berdasarkan 1 nilai universal, 6 prinsip pembangunan mental dan 5 langkah aksi.

Pendidikan dan Karier

Ary Ginanjar Agustian menempuh pendidikan di Universitas Udayana, Bali, dan meraih gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1988. Setelah lulus, ia bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta selama beberapa tahun. Pada tahun 1995, ia mendirikan PT. Arga Karya Sentosa, sebuah perusahaan konsultan manajemen.

Pada tahun 2002, Ary Ginanjar Agustian mendirikan ESQ Leadership Center, sebuah lembaga pelatihan dan pengembangan karakter. Lembaga ini telah melatih lebih dari 10 juta orang dari berbagai kalangan, termasuk pemimpin pemerintahan, pengusaha, dan masyarakat umum.

Konsep ESQ

Konsep ESQ yang dipelopori oleh Ary Ginanjar Agustian menggabungkan tiga kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). Menurut Ary Ginanjar Agustian, ketiga kecerdasan ini saling berkaitan dan saling melengkapi.

IQ adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan kognitif, seperti kemampuan berpikir, memecahkan masalah, dan belajar. EQ adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan mengelola emosi, seperti kemampuan mengendalikan emosi, berempati, dan berkomunikasi secara efektif. SQ adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kesadaran spiritual, seperti kemampuan memahami makna hidup, nilai-nilai, dan tujuan hidup.

Ary Ginanjar Agustian percaya bahwa orang yang memiliki ketiga kecerdasan ini akan lebih sukses dalam kehidupan pribadi dan profesionalnya. Ia juga percaya bahwa konsep ESQ dapat menjadi solusi untuk berbagai masalah sosial, seperti korupsi, radikalisme, dan kemiskinan.

Karya-karya

Ary Ginanjar Agustian telah menulis beberapa buku tentang konsep ESQ, antara lain:

  • Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual (2002)
  • ESQ (Emotional Spiritual Quotient): erdasarkan 6 rukun Iman dan 5 rukun Islam (2003)
  • Revolusi mental berbasis ESQ: kecerdasan emosi & spiritual (2004)
  • Mencintai bangsa dan negara: pegangan dalam hidup berbangsa dan bernegara di Indonesia (2007)
  • Munajat suara hati (2010)
  • Building the best Indonesian business way: dari keunggulan "world class business dan ESQ Way" menuju kejayaan Indonesia emas 2020 : tantangan menjadi bangsa yang maju, mandiri, dan sejahtera (2013)

Ary Ginanjar Agustian juga telah menerima berbagai penghargaan, antara lain:

  • Tokoh Indonesia Inspiratif 2004 dari Majalah Gatra
  • Tokoh Perubahan 2005 dari Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia
  • Tokoh Nasional 2006 dari Majelis Ulama Indonesia
  • Tokoh Inspiratif 2010 dari Majalah Forbes Indonesia

Pengaruh

Ary Ginanjar Agustian telah memberikan pengaruh yang besar terhadap masyarakat Indonesia. Konsep ESQ yang ia ciptakan telah menginspirasi jutaan orang untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Ary Ginanjar Agustian juga telah menjadi salah satu tokoh inspiratif di Indonesia.

Ary Ginanjar Agustian adalah sosok yang visioner dan berintegritas. Ia percaya bahwa setiap orang memiliki potensi untuk sukses, asalkan mereka memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual yang seimbang.