Bandingkan Luas Benua Asia Dengan Benua Amerika

Bandingkan Luas Benua Asia Dengan Benua Amerika

Benua adalah suatu kawasan atau wilayah berbentuk hamparan daratan yang luas di permukaan bumi. Benua Asia dan Amerika adalah dua benua terbesar di dunia, dengan luas yang tidak terpaut jauh.

Luas Benua Asia

Luas benua Asia adalah 43.998.920 km², atau sekitar 30% dari total luas permukaan bumi. Benua Asia terletak di belahan bumi utara dan timur, dan berbatasan dengan Samudra Arktik di utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Benua Eropa di barat.

Benua Asia memiliki berbagai macam topografi, mulai dari pegunungan tinggi, dataran luas, hingga gurun pasir. Pegunungan Himalaya adalah pegunungan tertinggi di dunia, dan terletak di perbatasan antara Asia dan Eropa. Dataran luas di Asia antara lain dataran Siberia, dataran Tiongkok Utara, dan dataran India. Gurun pasir yang terkenal di Asia antara lain gurun Gobi, gurun Sahara, dan gurun Arab.

Luas Benua Amerika

Luas benua Amerika adalah 42.073.118 km², atau sekitar 28% dari total luas permukaan bumi. Benua Amerika terletak di belahan bumi barat, dan berbatasan dengan Samudra Pasifik di barat, Samudra Atlantik di timur, dan Samudra Arktik di utara.

Benua Amerika memiliki berbagai macam topografi, mulai dari pegunungan tinggi, dataran luas, hingga hutan hujan. Pegunungan Andes adalah pegunungan tertinggi di Amerika, dan terletak di sepanjang pantai barat benua tersebut. Dataran luas di Amerika antara lain dataran Amazon, dataran Amerika Utara, dan dataran Argentina. Hutan hujan Amazon adalah hutan hujan tropis terbesar di dunia, dan terletak di Amerika Selatan.

Perbandingan Luas Benua Asia dan Amerika

Berdasarkan luasnya, benua Asia lebih luas daripada benua Amerika. Selisih luas kedua benua tersebut adalah sekitar 1,925.802 km². Benua Asia memiliki luas yang lebih luas karena benua tersebut memiliki wilayah yang lebih luas di bagian utara dan timur.

Kesimpulan

Benua Asia dan Amerika adalah dua benua terbesar di dunia, dengan luas yang tidak terpaut jauh. Benua Asia memiliki luas yang lebih luas karena benua tersebut memiliki wilayah yang lebih luas di bagian utara dan timur.