Bentuk Muka Bumi Yang Terdapat Di Negara Australia Adalah

Bentuk Muka Bumi Yang Terdapat Di Negara Australia Adalah

Australia adalah benua terkecil di dunia, dengan luas sekitar 8.945.000 kilometer persegi. Bentuk muka bumi Australia sangat beragam, mulai dari dataran pantai yang luas, dataran tinggi yang menjulang tinggi, hingga gurun pasir yang gersang.

Berikut adalah empat bentuk muka bumi utama yang terdapat di Australia:

1. Dataran Pantai

Dataran pantai adalah bentuk muka bumi yang paling luas di Australia, dengan luas sekitar 2.000 kilometer. Dataran pantai ini membentang sepanjang pantai timur dan selatan Australia, dari Queensland hingga Victoria.

Dataran pantai Australia terbentuk oleh erosi dan sedimentasi yang terjadi selama jutaan tahun. Erosi terjadi akibat gerusan air laut, sedangkan sedimentasi terjadi akibat pengendapan material dari sungai dan pantai.

Dataran pantai Australia merupakan wilayah yang penting bagi perekonomian Australia. Wilayah ini merupakan pusat kegiatan industri, pertanian, dan pariwisata.

2. Dataran Tinggi Timur

Dataran tinggi timur adalah bentuk muka bumi yang membentang sepanjang pantai timur Australia, dari Queensland hingga Victoria. Dataran tinggi ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut.

Dataran tinggi timur terbentuk oleh aktivitas vulkanik dan tektonik yang terjadi selama jutaan tahun. Aktivitas vulkanik menyebabkan terbentuknya pegunungan dan gunung berapi, sedangkan aktivitas tektonik menyebabkan terbentuknya lembah dan dataran.

Dataran tinggi timur merupakan wilayah yang penting bagi perekonomian Australia. Wilayah ini merupakan sumber daya alam yang penting, seperti emas, tembaga, dan batu bara.

3. Dataran Rendah Tengah

Dataran rendah tengah adalah bentuk muka bumi yang terletak di bagian tengah Australia. Dataran rendah ini membentang dari Queensland hingga Australia Barat.

Dataran rendah tengah memiliki ketinggian sekitar 200 hingga 300 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah ini terbentuk oleh erosi dan sedimentasi yang terjadi selama jutaan tahun.

Dataran rendah tengah merupakan wilayah yang penting bagi perekonomian Australia. Wilayah ini merupakan wilayah pertanian yang penting, terutama untuk tanaman gandum dan jagung.

4. Plato

Plato adalah bentuk muka bumi yang memiliki permukaan yang datar atau bergelombang, dengan ketinggian yang relatif sama. Plato di Australia terletak di bagian barat dan utara Australia.

Plato di Australia terbentuk oleh aktivitas tektonik yang terjadi selama jutaan tahun. Aktivitas tektonik menyebabkan bagian permukaan bumi mengalami penekukan, sehingga terbentuklah plato.

Plato di Australia merupakan wilayah yang penting bagi perekonomian Australia. Wilayah ini merupakan sumber daya alam yang penting, seperti emas, tembaga, dan batu bara.

Selain empat bentuk muka bumi utama tersebut, Australia juga memiliki beberapa bentuk muka bumi lain, seperti:

  • Gurun pasir, seperti Gurun Simpson dan Gurun Victoria
  • Pegunungan, seperti Pegunungan Great Dividing Range
  • Kepulauan, seperti Kepulauan Tiwi dan Kepulauan Cocos

Bentuk muka bumi Australia memiliki pengaruh yang besar terhadap kondisi alam dan kehidupan di Australia. Bentuk muka bumi yang beragam menyebabkan Australia memiliki iklim yang beragam, mulai dari iklim tropis di bagian utara hingga iklim gurun di bagian tengah. Bentuk muka bumi juga mempengaruhi pola aliran sungai, vegetasi, dan hewan yang hidup di Australia.