Berdasarkan Kepentingannya Cuplikan Tersebut Termasuk Jenis Surat

Surat merupakan sarana komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pernyataan kepada pihak lain. Surat dapat dibedakan berdasarkan kepentingannya, yaitu surat pribadi dan surat dinas.

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi, misalnya untuk menyampaikan kabar, undangan, atau permohonan. Surat pribadi biasanya ditulis dengan bahasa yang tidak formal dan ditujukan kepada orang yang dikenal secara pribadi.

Surat dinas adalah surat yang digunakan untuk kepentingan dinas, misalnya untuk menyampaikan perintah, laporan, atau permohonan. Surat dinas biasanya ditulis dengan bahasa yang formal dan ditujukan kepada instansi atau lembaga tertentu.

Berdasarkan cuplikan surat berikut:

Halo,

Gimana kabarmu? Aku harap kamu dalam keadaan baik dan sehat, ya? Aku juga di sini dalam keadaan baik dan sehat.

Aku mau ngajak kamu liburan ke Danau Toba. Gimana, mau kan? Kita bisa bersenang-senang di sana.

Yuk, kita atur jadwalnya. Aku tunggu kabarmu.

Salam,
[Nama]

Isi cuplikan surat tersebut adalah undangan liburan dari [nama] kepada seseorang yang dituju. Surat tersebut menggunakan sapaan “halo” dan “kamu” yang menunjukkan sifat pribadi. Oleh karena itu, cuplikan surat tersebut termasuk jenis surat pribadi.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban atas pertanyaan tersebut adalah surat pribadi. Hal ini karena cuplikan surat tersebut berisi undangan liburan yang ditujukan kepada seseorang yang dikenal secara pribadi. Selain itu, surat tersebut menggunakan bahasa yang tidak formal, yaitu “halo” dan “kamu”.

dewahoki303 nagahoki303