Berikut Fungsi Perihal Dalam Surat Lamaran Pekerjaan Kecuali

Berikut Fungsi Perihal Dalam Surat Lamaran Pekerjaan Kecuali

Surat lamaran pekerjaan adalah salah satu dokumen penting yang harus dipersiapkan oleh pencari kerja dalam proses melamar pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan berisi informasi tentang diri pelamar, kualifikasi yang dimiliki, dan minat pelamar untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Salah satu unsur penting dalam surat lamaran pekerjaan adalah perihal. Perihal adalah bagian dari surat lamaran pekerjaan yang berisi informasi singkat tentang tujuan surat tersebut ditulis.

Secara umum, fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut:

  • Petunjuk bagi petugas surat pencatatan

Perihal berfungsi sebagai petunjuk bagi petugas surat pencatatan untuk mengetahui jenis surat yang masuk. Dengan adanya perihal, petugas surat pencatatan dapat langsung memilah surat-surat yang masuk sesuai dengan jenisnya.

  • Petunjuk intisari surat

Perihal juga berfungsi sebagai petunjuk intisari surat. Dengan membaca perihal, penerima surat dapat mengetahui secara singkat isi surat tersebut.

  • Petunjuk bagi petugas pengarsipan

Perihal juga berfungsi sebagai petunjuk bagi petugas pengarsipan. Dengan adanya perihal, petugas pengarsipan dapat dengan mudah menyimpan surat tersebut sesuai dengan jenisnya.

Berdasarkan fungsi-fungsi tersebut, dapat disimpulkan bahwa perihal dalam surat lamaran pekerjaan berfungsi untuk memberikan informasi singkat tentang tujuan surat tersebut ditulis.

Namun, ada beberapa fungsi perihal yang tidak termasuk dalam fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan. Fungsi perihal yang tidak termasuk dalam fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut:

  • Referensi

Perihal tidak berfungsi sebagai referensi. Referensi adalah informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, atau prestasi yang dimiliki oleh pelamar. Informasi tersebut biasanya dituliskan dalam bagian kualifikasi pelamar.

  • Petunjuk pengiriman surat

Perihal juga tidak berfungsi sebagai petunjuk pengiriman surat. Petunjuk pengiriman surat biasanya dituliskan dalam bagian alamat surat.

Dengan mengetahui fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, maka pelamar dapat menyusun perihal surat lamaran pekerjaan dengan tepat. Perihal surat lamaran pekerjaan yang tepat dapat membantu petugas surat pencatatan, penerima surat, dan petugas pengarsipan dalam memproses surat tersebut.

Berikut adalah beberapa tips dalam menyusun perihal surat lamaran pekerjaan:

  • Gunakan bahasa yang singkat dan jelas

Perihal harus ditulis dengan bahasa yang singkat dan jelas agar mudah dipahami oleh penerima surat.

  • Gunakan kata-kata yang spesifik

Gunakan kata-kata yang spesifik untuk menunjukkan tujuan surat tersebut ditulis. Misalnya, "Lamaran Pekerjaan sebagai Marketing Manager".

  • Gunakan kata-kata yang informatif

Perihal harus berisi informasi yang informatif tentang tujuan surat tersebut ditulis. Misalnya, "Lamaran Pekerjaan sebagai Programmer dengan Pengalaman 5 Tahun".

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, maka pelamar dapat menyusun perihal surat lamaran pekerjaan yang tepat. Perihal surat lamaran pekerjaan yang tepat dapat membantu pelamar untuk mendapatkan perhatian dari penerima surat.