Selasa , Februari 27 2024

Berikut Yang Tidak Termasuk Dalam Tahapan-tahapan Teknik Lompat Tinggi Adalah

 

Berikut Yang Tidak Termasuk Dalam Tahapan-tahapan Teknik Lompat Tinggi Adalah

Lompat tinggi adalah salah satu nomor atletik yang menguji kemampuan atlet untuk melompat setinggi mungkin. Lompat tinggi terdiri dari beberapa tahapan, yaitu awalan, tolakan, melayang, dan mendarat.

Tahap-tahap teknik lompat tinggi

  • Awalan

Awalan adalah gerakan berlari menuju mistar lompat. Tujuan awalan adalah untuk melaju dengan kecepatan semaksimal mungkin agar dapat menghasilkan tolakan yang kuat.

  • Tolakan

Tolakan adalah gerakan kaki menumpu pada lantai untuk menaikkan badan. Tolakan harus dilakukan dengan kuat dan tepat agar dapat melompat setinggi mungkin.

  • Melayang

Melayang adalah gerakan tubuh di udara setelah tolakan. Pada tahap ini, atlet harus menjaga keseimbangan dan posisi badan agar dapat melewati mistar.

  • Mendarat

Mendarat adalah gerakan jatuhnya badan setelah melewati mistar. Pada tahap ini, atlet harus mendarat dengan kaki terlebih dahulu agar tidak cedera.

Pembahasan

Berdasarkan tahapan-tahapan teknik lompat tinggi yang telah disebutkan di atas, maka yang tidak termasuk dalam tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah menggantung di udara.

Hal ini dikarenakan menggantung di udara bukan merupakan gerakan yang dilakukan dalam lompat tinggi. Pada tahap melayang, tubuh atlet harus melewati mistar secepat mungkin. Jika atlet menggantung di udara, maka akan lebih sulit untuk melewati mistar.

Selain itu, menggantung di udara juga akan membuat atlet lebih rentan untuk cedera. Hal ini dikarenakan atlet akan berada dalam posisi yang tidak stabil.

Jadi, jawaban yang tepat untuk pertanyaan “Berikut ini yang tidak termasuk dalam tahapan teknik lompat tinggi yaitu” adalah menggantung di udara.