Buatlah Kesimpulan Dari Teks Di Atas Gunakan

Kesimpulan adalah ringkasan dari isi teks yang telah dibaca atau didengar. Kesimpulan yang baik dan benar haruslah mencakup semua informasi penting dari teks tersebut. Selain itu, kesimpulan juga harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

Pembahasan

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membuat kesimpulan dari teks dengan baik dan benar. Berikut ini adalah langkah-langkah tersebut:

  1. Bacalah teks dengan cermat dan teliti. Pahamilah informasi penting yang terkandung dalam teks tersebut.
  2. Buatlah garis bawah atau tandai informasi penting dari teks tersebut. Informasi penting tersebut dapat berupa fakta, opini, atau kesimpulan sementara.
  3. Buatlah kesimpulan dari informasi penting tersebut. Kesimpulan tersebut haruslah mencakup semua informasi penting dari teks tersebut.

Contoh

Berikut ini adalah contoh teks beserta kesimpulannya:

Teks:

Harimau Sumatera adalah salah satu jenis harimau yang terancam punah. Jumlahnya saat ini diperkirakan hanya sekitar 400 ekor. Harimau Sumatera hidup di dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.

Kesimpulan:

Harimau Sumatera adalah hewan yang terancam punah. Jumlahnya yang semakin sedikit disebabkan oleh hilangnya habitat, berkurangnya jumlah mangsa, dan perburuan.

Penjelasan

Kesimpulan tersebut mencakup semua informasi penting dari teks tersebut, yaitu:

  • Harimau Sumatera adalah hewan yang terancam punah.
  • Jumlahnya yang semakin sedikit disebabkan oleh hilangnya habitat, berkurangnya jumlah mangsa, dan perburuan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat kesimpulan dari teks dengan baik dan benar. Kesimpulan yang baik dan benar akan membantu Anda memahami informasi penting dari teks tersebut.