Kamis , April 18 2024

What Is The Text About Artinya Dan Jawabannya

“What is the text about?” adalah sebuah frasa bahasa Inggris yang berarti “Tulisan ini tentang apa?”. Frasa ini sering muncul dalam soal-soal bahasa Inggris, terutama soal teks eksplanasi.

Jawaban

Jawaban untuk pertanyaan “What is the text about?” adalah sebuah kalimat yang merangkum isi teks secara keseluruhan. Kalimat ini harus mewakili semua informasi penting yang terkandung dalam teks.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu memahami struktur teks eksplanasi. Teks eksplanasi memiliki tiga struktur utama, yaitu:

  • Pernyataan umum (general statement)
  • Penjelasan (explanation)
  • Kesimpulan (conclusion)

Pada bagian pernyataan umum, penulis memberikan gambaran umum tentang topik yang dibahas. Pada bagian penjelasan, penulis memberikan informasi lebih detail tentang topik tersebut. Pada bagian kesimpulan, penulis merangkum kembali informasi penting yang telah disampaikan sebelumnya.

Dalam menjawab pertanyaan “What is the text about?”, kita dapat menggunakan informasi dari ketiga struktur tersebut. Kita dapat menggunakan pernyataan umum untuk mendapatkan gambaran umum tentang topik yang dibahas. Kita dapat menggunakan penjelasan untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang topik tersebut. Kita dapat menggunakan kesimpulan untuk merangkum kembali informasi penting yang telah disampaikan sebelumnya.

Contoh

Berikut adalah contoh teks eksplanasi dan jawaban untuk pertanyaan “What is the text about?”:

Teks:

The process of photosynthesis

Photosynthesis is the process by which plants use sunlight to convert carbon dioxide and water into glucose and oxygen. The process takes place in two stages: the light-dependent reactions and the Calvin cycle.

In the light-dependent reactions, chlorophyll in the plant’s leaves absorbs sunlight. This energy is used to split water molecules into hydrogen and oxygen. The oxygen is released into the atmosphere, and the hydrogen is used to produce ATP, a molecule that stores energy.

In the Calvin cycle, ATP and carbon dioxide are used to produce glucose. Glucose is a sugar that plants use for energy and to build other molecules.

Jawaban:

The text is about the process of photosynthesis.

Kalimat ini merangkum isi teks secara keseluruhan. Kalimat ini mewakili semua informasi penting yang terkandung dalam teks, yaitu:

  • Topik yang dibahas adalah proses fotosintesis.
  • Proses fotosintesis terdiri dari dua tahap, yaitu tahap terang dan tahap gelap.
  • Tahap terang menggunakan cahaya matahari untuk memecah air menjadi hidrogen dan oksigen.
  • Tahap gelap menggunakan ATP dan karbon dioksida untuk menghasilkan glukosa.

Pertanyaan “What is the text about?” adalah sebuah pertanyaan yang menanyakan isi teks secara keseluruhan. Jawaban untuk pertanyaan ini harus merangkum isi teks secara keseluruhan dan mewakili semua informasi penting yang terkandung dalam teks.