Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak

Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak

Pinjaman online (pinjol) telah menjadi salah satu alternatif pendanaan yang populer di Indonesia. Namun, tidak sedikit pengguna pinjol yang mengeluhkan praktik teror dan intimidasi dari pihak pinjol. Salah satu modus teror yang sering digunakan adalah dengan menghubungi kontak darurat nasabah yang ada di aplikasi pinjol.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pinjol tidak bisa mengakses kontak. Berikut adalah penjelasannya:

1. Jangan Berikan Izin Akses Kontak pada Aplikasi Pinjol

Cara paling efektif untuk mencegah pinjol mengakses kontak adalah dengan tidak memberikan izin akses kontak pada aplikasi pinjol. Saat Anda pertama kali mengunduh aplikasi pinjol, biasanya akan muncul permintaan izin akses kontak. Pada tahap ini, Anda bisa menolak izin tersebut.

Untuk menolak izin akses kontak, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda.
  2. Pilih opsi "Aplikasi" atau "Manajemen Aplikasi".
  3. Pilih aplikasi pinjol yang ingin Anda atur.
  4. Di bagian "Izin", ketuk opsi "Kontak".
  5. Matikan izin "Kontak" dengan menggeser tombol ke kiri.

2. Jangan Masukan Nomor Kontak Darurat saat Melakukan Verifikasi

Selain izin akses kontak, pinjol juga biasanya meminta pengguna untuk memasukkan nomor kontak darurat. Nomor kontak darurat ini biasanya digunakan untuk menghubungi nasabah jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Untuk mencegah pinjol menghubungi kontak darurat Anda, Anda bisa tidak memasukkan nomor kontak darurat saat melakukan verifikasi. Jika Anda tetap ingin memasukkan nomor kontak darurat, pastikan untuk memasukkan nomor kontak orang yang Anda percayai dan yang tidak akan terpengaruh oleh teror dari pihak pinjol.

3. Pilih Pinjol yang Terdaftar di OJK

Pinjol yang terdaftar di OJK memiliki standar operasional yang lebih baik dalam hal keamanan privasi nasabah. Pinjol yang terdaftar di OJK tidak akan sembarangan mengakses kontak nasabah atau melakukan praktik-praktik yang merugikan nasabah.

Untuk memastikan bahwa pinjol yang Anda gunakan terdaftar di OJK, Anda bisa memeriksanya di situs resmi OJK.

4. Perbarui Aplikasi Pinjol

Pada beberapa kasus, pinjol ilegal menggunakan celah keamanan di aplikasi untuk mengakses kontak nasabah. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa memperbarui aplikasi pinjol secara berkala.

Pembaruan aplikasi biasanya dilakukan oleh pengembang aplikasi untuk memperbaiki bug atau celah keamanan yang ditemukan.

5. Gunakan Aplikasi Anti-Pinjol

Saat ini, terdapat beberapa aplikasi anti-pinjol yang dapat membantu Anda melindungi privasi dari pinjol. Aplikasi anti-pinjol ini biasanya memiliki fitur untuk memblokir panggilan dan pesan dari pinjol.

Anda bisa mengunduh aplikasi anti-pinjol dari Google Play Store atau App Store.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda dapat mencegah pinjol mengakses kontak dan terhindar dari teror dan intimidasi dari pihak pinjol.

dewahoki303 nagahoki303