Selasa , Februari 27 2024

Contoh BUMN di Indonesia

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah perusahaan yang sahamnya sebagian besar atau seluruhnya dimiliki oleh pemerintah. BUMN memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, karena menguasai sektor-sektor strategis seperti energi, pertambangan, keuangan, dan telekomunikasi.

Adapun tujuan pendirian BUMN adalah untuk:

  1. Mengatur dan mengendalikan sektor-sektor strategis yang dianggap vital bagi negara;
  2. Mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Mengembangkan perekonomian nasional;
  4. Menciptakan lapangan kerja;
  5. Meningkatkan pendapatan negara.

Hingga saat ini, terdapat banyak contoh BUMN yang beroperasi di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

  • PT Pertamina (Persero), perusahaan minyak dan gas bumi;
  • PT PLN (Persero), perusahaan listrik;
  • PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, perusahaan telekomunikasi;
  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, bank milik negara;
  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, bank milik negara.

Demikianlah beberapa contoh BUMN yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat!

contoh bumn

Perusahaan milik pemerintah Indonesia.

  • PT Pertamina (Persero)
  • PT PLN (Persero)
  • PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
  • PT Semen Indonesia (Persero) Tbk
  • PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

Menguasai sektor strategis perekonomian.

PT Pertamina (Persero)

PT Pertamina (Persero) merupakan salah satu contoh BUMN yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 10 Desember 1957 dan berkedudukan di Jakarta.

  • Perusahaan minyak dan gas bumi terbesar di Indonesia

    PT Pertamina menguasai hampir seluruh kegiatan hulu hingga hilir minyak dan gas bumi di Indonesia. Perusahaan ini memiliki cadangan minyak mentah sebesar 3,2 miliar barel dan cadangan gas bumi sebesar 107 triliun kaki kubik.

  • Penyalur BBM terbesar di Indonesia

    PT Pertamina menyalurkan BBM ke seluruh pelosok negeri melalui jaringan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) yang tersebar di seluruh Indonesia. Perusahaan ini juga memiliki jaringan depot dan terminal BBM yang luas.

  • Perusahaan petrokimia terbesar di Indonesia

    PT Pertamina memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia, seperti PT Pertamina Petrochemical dan PT Pertamina Rosneft. Perusahaan-perusahaan ini memproduksi berbagai macam produk petrokimia, seperti polyethylene, polypropylene, dan aromatics.

  • Perusahaan energi terintegrasi terbesar di Indonesia

    PT Pertamina tidak hanya bergerak di bidang minyak dan gas bumi, tetapi juga di bidang energi lainnya, seperti panas bumi, tenaga surya, dan angin. Perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan, seperti PT Pertamina Geothermal Energy dan PT Pertamina Power Indonesia.

PT Pertamina merupakan perusahaan yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Perusahaan ini menyumbang sekitar 10% dari pendapatan negara dan mempekerjakan lebih dari 30.000 orang.

PT PLN (Persero)

PT PLN (Persero) merupakan salah satu contoh BUMN yang bergerak di bidang ketenagalistrikan. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 27 September 1945 dan berkedudukan di Jakarta.

  • Perusahaan listrik terbesar di Indonesia

    PT PLN menguasai hampir seluruh kegiatan pembangkitan, transmisi, dan distribusi listrik di Indonesia. Perusahaan ini memiliki kapasitas terpasang sebesar 75.000 MW dan melayani lebih dari 240 juta pelanggan.

  • Penyalur listrik terbesar di Indonesia

    PT PLN menyalurkan listrik ke seluruh pelosok negeri melalui jaringan transmisi dan distribusi yang luas. Perusahaan ini memiliki jaringan transmisi sepanjang lebih dari 150.000 km dan jaringan distribusi sepanjang lebih dari 2 juta km.

  • Perusahaan penyedia listrik untuk industri dan bisnis

    PT PLN menyediakan listrik untuk berbagai sektor industri dan bisnis di Indonesia. Perusahaan ini memiliki pelanggan dari berbagai sektor, seperti manufaktur, pertambangan, pertanian, dan pariwisata.

  • Perusahaan yang peduli lingkungan

    PT PLN berkomitmen untuk menyediakan listrik yang ramah lingkungan. Perusahaan ini terus berupaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mengembangkan sumber energi terbarukan. PT PLN memiliki beberapa pembangkit listrik tenaga air, tenaga surya, dan tenaga angin.

PT PLN merupakan perusahaan yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Perusahaan ini menyediakan listrik untuk berbagai sektor ekonomi dan kehidupan masyarakat. PT PLN juga merupakan salah satu BUMN terbesar di Indonesia dengan aset lebih dari Rp 1.000 triliun.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk merupakan salah satu contoh BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 23 Maret 1965 dan berkedudukan di Jakarta.

  • Perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia

    PT Telkom Indonesia menguasai hampir seluruh kegiatan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini memiliki jaringan telekomunikasi yang luas, baik di darat maupun di laut. PT Telkom Indonesia juga memiliki satelit sendiri untuk mendukung layanan telekomunikasinya.

  • Penyedia layanan telepon tetap terbesar di Indonesia

    PT Telkom Indonesia menyediakan layanan telepon tetap melalui jaringan kabel tembaga dan jaringan fiber optik. Perusahaan ini memiliki jutaan pelanggan telepon tetap di seluruh Indonesia.

  • Penyedia layanan telepon seluler terbesar di Indonesia

    PT Telkom Indonesia menyediakan layanan telepon seluler melalui anak perusahaannya, Telkomsel. Telkomsel merupakan operator seluler terbesar di Indonesia dengan lebih dari 170 juta pelanggan.

  • Penyedia layanan internet terbesar di Indonesia

    PT Telkom Indonesia menyediakan layanan internet melalui berbagai macam saluran, seperti jaringan kabel, jaringan nirkabel, dan satelit. Perusahaan ini memiliki jutaan pelanggan internet di seluruh Indonesia.

PT Telkom Indonesia merupakan perusahaan yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Perusahaan ini menyediakan layanan telekomunikasi yang vital bagi berbagai sektor ekonomi dan kehidupan masyarakat. PT Telkom Indonesia juga merupakan salah satu BUMN terbesar di Indonesia dengan aset lebih dari Rp 500 triliun.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merupakan salah satu contoh BUMN yang bergerak di bidang perbankan. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 16 Desember 1895 dan berkedudukan di Jakarta.

  • Bank terbesar di Indonesia

    BRI adalah bank terbesar di Indonesia berdasarkan aset, kredit, dan simpanan. Bank ini memiliki jaringan kantor yang luas, baik di dalam maupun di luar negeri.

  • Bank dengan nasabah terbanyak di Indonesia

    BRI memiliki lebih dari 100 juta nasabah, baik perorangan maupun korporasi. Bank ini menyediakan berbagai macam produk dan layanan perbankan, termasuk tabungan, deposito, kredit, dan layanan keuangan lainnya.

  • Bank yang fokus pada UMKM

    BRI memiliki fokus yang kuat pada sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Bank ini menyediakan berbagai macam produk dan layanan perbankan yang khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan UMKM.

  • Bank yang mendukung pembangunan ekonomi Indonesia

    BRI berperan penting dalam mendukung pembangunan ekonomi Indonesia. Bank ini menyalurkan kredit kepada berbagai sektor ekonomi, termasuk pertanian, industri, dan perdagangan. BRI juga menyediakan layanan keuangan lainnya yang dibutuhkan oleh pelaku ekonomi.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merupakan salah satu BUMN yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Bank ini menyediakan layanan keuangan yang vital bagi berbagai sektor ekonomi dan kehidupan masyarakat. BRI juga merupakan salah satu BUMN terbesar di Indonesia dengan aset lebih dari Rp 1.500 triliun.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk merupakan salah satu contoh BUMN yang bergerak di bidang perbankan. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998 dan berkedudukan di Jakarta.

  • Bank terbesar kedua di Indonesia

    Bank Mandiri adalah bank terbesar kedua di Indonesia berdasarkan aset, kredit, dan simpanan. Bank ini memiliki jaringan kantor yang luas, baik di dalam maupun di luar negeri.

  • Bank dengan nasabah terbanyak kedua di Indonesia

    Bank Mandiri memiliki lebih dari 80 juta nasabah, baik perorangan maupun korporasi. Bank ini menyediakan berbagai macam produk dan layanan perbankan, termasuk tabungan, deposito, kredit, dan layanan keuangan lainnya.

  • Bank yang fokus pada sektor korporasi

    Bank Mandiri memiliki fokus yang kuat pada sektor korporasi. Bank ini menyediakan berbagai macam produk dan layanan perbankan yang khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan korporasi.

  • Bank yang mendukung pembangunan ekonomi Indonesia

    Bank Mandiri berperan penting dalam mendukung pembangunan ekonomi Indonesia. Bank ini menyalurkan kredit kepada berbagai sektor ekonomi, termasuk pertanian, industri, dan perdagangan. Bank Mandiri juga menyediakan layanan keuangan lainnya yang dibutuhkan oleh pelaku ekonomi.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk merupakan salah satu BUMN yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Bank ini menyediakan layanan keuangan yang vital bagi berbagai sektor ekonomi dan kehidupan masyarakat. Bank Mandiri juga merupakan salah satu BUMN terbesar di Indonesia dengan aset lebih dari Rp 1.400 triliun.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk merupakan salah satu contoh BUMN yang bergerak di bidang semen. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 7 Januari 1957 dan berkedudukan di Jakarta.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk adalah perusahaan semen terbesar di Indonesia dan salah satu perusahaan semen terbesar di dunia. Perusahaan ini memiliki kapasitas produksi semen sebesar 35 juta ton per tahun. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memiliki beberapa pabrik semen yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, antara lain di Gresik, Tuban, dan Padang.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memproduksi berbagai macam jenis semen, antara lain semen portland, semen putih, dan semen khusus. Perusahaan ini juga memproduksi beton dan mortar. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memasarkan produknya ke berbagai daerah di Indonesia dan juga ke luar negeri.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang sangat penting bagi pembangunan infrastruktur di Indonesia. Semen merupakan bahan bangunan yang vital untuk pembangunan berbagai macam infrastruktur, seperti jalan, jembatan, gedung, dan bendungan. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk juga merupakan salah satu BUMN terbesar di Indonesia dengan aset lebih dari Rp 50 triliun.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan ekonomi Indonesia. Perusahaan ini menyediakan lapangan pekerjaan bagi ribuan orang dan juga berkontribusi terhadap pendapatan negara melalui pajak dan dividen.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk merupakan salah satu BUMN yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Perusahaan ini menyediakan bahan bangunan yang vital untuk pembangunan infrastruktur dan juga berkontribusi terhadap pendapatan negara.

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk merupakan salah satu contoh BUMN yang bergerak di bidang baja. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 31 Agustus 1970 dan berkedudukan di Cilegon, Banten.

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk adalah perusahaan baja terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memiliki kapasitas produksi baja sebesar 3 juta ton per tahun. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk memiliki beberapa pabrik baja yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, antara lain di Cilegon, Serang, dan Gresik.

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk memproduksi berbagai macam jenis baja, antara lain baja karbon, baja paduan, dan baja khusus. Perusahaan ini juga memproduksi produk turunan baja, seperti pelat baja, pipa baja, dan wire rod. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk memasarkan produknya ke berbagai daerah di Indonesia dan juga ke luar negeri.

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang sangat penting bagi industri manufaktur di Indonesia. Baja merupakan bahan baku yang vital untuk berbagai macam produk industri, seperti mobil, kapal, dan mesin. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk juga merupakan salah satu BUMN terbesar di Indonesia dengan aset lebih dari Rp 40 triliun.

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan ekonomi Indonesia. Perusahaan ini menyediakan lapangan pekerjaan bagi ribuan orang dan juga berkontribusi terhadap pendapatan negara melalui pajak dan dividen.

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk merupakan salah satu BUMN yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Perusahaan ini menyediakan bahan baku yang vital untuk industri manufaktur dan juga berkontribusi terhadap pendapatan negara.