Daftar Pinjol Ilegal Terbaru

Daftar Pinjol Ilegal Terbaru Desember 2023

Pinjaman online (pinjol) merupakan salah satu produk keuangan yang semakin populer di Indonesia. Namun, di balik popularitasnya, pinjol juga memiliki risiko yang perlu diwaspadai, terutama pinjol ilegal.

Pinjol ilegal adalah pinjol yang beroperasi tanpa izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pinjol ilegal biasanya menawarkan pinjaman dengan bunga dan biaya yang tinggi, serta menerapkan praktik-praktik yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

OJK secara rutin melakukan pemantauan terhadap kegiatan pinjol di Indonesia. Jika ditemukan pinjol ilegal, OJK akan melakukan pemblokiran terhadap aplikasi, website, dan nomor telepon yang digunakan oleh pinjol ilegal tersebut.

Berikut adalah daftar pinjol ilegal terbaru yang telah diblokir oleh OJK per 25 Desember 2023:

1. Rupiah Cash – Cash Pro
2. Dana Rupiah Pinjam Cepat Info
3. Tunai Kita – Pinjam Uang Cepat Kilat dan Mudah
4. Dompet Cepat – Platform Pinjaman Tunai
5. Pinjaman Global Personal Loan dan KTA
6. KTA Pintar – Pinjam Uang Cepat,Mudah & Dana Kilat
7. Uang sesame – Pinjaman KTA Instan dan Mudah
8. Uang-Mesin-[adalah aplikasi pinjaman online KTA]
9. Aman Pinjam – Solusi Pinjaman
10. KTA Mudah

Selain daftar di atas, OJK juga menemukan 129 konten pinjaman pribadi yang berisiko melanggar ketentuan terkait penyebaran data pribadi. Konten-konten tersebut biasanya menawarkan pinjaman dengan bunga dan biaya yang rendah, namun mensyaratkan calon peminjam untuk memberikan data pribadinya, seperti nomor telepon, alamat, dan foto KTP.

OJK mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan pinjol. Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan pinjol tersebut telah memiliki izin resmi dari OJK. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa daftar pinjol legal yang tercantum di situs resmi OJK.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari pinjol ilegal:

  • Pastikan pinjol tersebut telah memiliki izin resmi dari OJK.
  • Bacalah dengan cermat syarat dan ketentuan sebelum mengajukan pinjaman.
  • Jangan mudah tergiur dengan bunga dan biaya yang rendah.
  • Hindari memberikan data pribadi Anda kepada pinjol yang tidak terpercaya.

Jika Anda telah menjadi korban pinjol ilegal, Anda dapat melaporkannya kepada OJK melalui situs resmi OJK atau melalui hotline OJK 157.

dewahoki303 nagahoki303