Kamis , April 18 2024

Doa Kendaraan Baru Sesuai Sunnah

Doa Kendaraan Baru Sesuai Sunnah

Memiliki kendaraan baru merupakan salah satu rezeki yang disyukuri oleh umat Islam. Kendaraan baru dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti transportasi, bisnis, atau sekadar untuk hobi. Dalam Islam, kita dianjurkan untuk bersyukur atas segala nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita, termasuk nikmat berupa kendaraan baru.

Salah satu bentuk syukur atas nikmat kendaraan baru adalah dengan membaca doa. Doa ini dibaca ketika kita pertama kali memegang kendaraan baru tersebut. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar kendaraan baru tersebut diberkahi dan memberikan manfaat bagi kita.

Bacaan Doa Kendaraan Baru

Berikut adalah bacaan doa kendaraan baru sesuai sunnah:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جُبِلَتْ عَلَيْهِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جُبِلَتْ عَلَيْهِ

Bismillahirrohmanirrohim

Allahumma inni as-aluka khairaha wa khaira ma jabaltah alaih, wa a’udzubika min syarriha wa syarri ma jabaltah alaih

Artinya:

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang diciptakan padanya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang diciptakan padanya."

Makna Doa Kendaraan Baru

Dalam doa tersebut, kita memohon kepada Allah SWT agar kendaraan baru tersebut diberkahi dan memberikan manfaat bagi kita. Kita juga memohon perlindungan kepada Allah SWT dari keburukan kendaraan tersebut dan keburukan yang diciptakan padanya.

Secara lebih rinci, doa tersebut memiliki makna sebagai berikut:

  • Bismillahirrohmanirrohim: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
  • Inni as-aluka khairaha wa khaira ma jabaltah alaih: Aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang diciptakan padanya.

Dalam kalimat ini, kita memohon kepada Allah SWT agar kendaraan baru tersebut diberkahi dengan kebaikan, baik dari segi fisik maupun non-fisik. Kebaikan fisik kendaraan baru tersebut, misalnya, adalah agar kendaraan tersebut selalu aman dan tidak mengalami kerusakan. Kebaikan non-fisik kendaraan baru tersebut, misalnya, adalah agar kendaraan tersebut selalu membawa manfaat bagi kita dan orang lain.

  • Wa a’udzubika min syarriha wa syarri ma jabaltah alaih: Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang diciptakan padanya.

Dalam kalimat ini, kita memohon perlindungan kepada Allah SWT dari keburukan kendaraan baru tersebut, baik dari segi fisik maupun non-fisik. Keburukan fisik kendaraan baru tersebut, misalnya, adalah agar kendaraan tersebut tidak mengalami kecelakaan. Keburukan non-fisik kendaraan baru tersebut, misalnya, adalah agar kendaraan tersebut tidak digunakan untuk berbuat kejahatan.

Pentingnya Membaca Doa Kendaraan Baru

Membaca doa kendaraan baru merupakan salah satu bentuk syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita. Selain itu, doa ini juga dapat mendatangkan manfaat bagi kita, seperti:

  • Mendatangkan keselamatan dan keberkahan bagi kendaraan baru tersebut.
  • Melindungi kita dari bahaya yang mungkin terjadi saat berkendara.
  • Menjadikan kendaraan baru tersebut sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk membaca doa kendaraan baru ketika kita pertama kali memegang kendaraan baru tersebut.