Doa Makan Sahur, Ibadah Penting di Bulan Puasa

Sahur adalah salah satu ibadah penting dalam bulan puasa. Sahur berarti makan sebelum fajar menyingsing. Makan sahur bertujuan untuk memberikan energi bagi tubuh selama berpuasa seharian.

Sahur juga merupakan salah satu sunnah Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Sahurlah, karena sesungguhnya dalam sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sebelum memulai sahur, ada baiknya untuk membaca doa makan sahur. Doa ini dibaca sebelum makan dan setelah makan. Doa makan sahur dapat ditemukan dalam beberapa kitab hadits, seperti Shahih Bukhari dan Shahih Muslim.

Doa Makan Sahur

Berikut ini adalah 5 poin penting tentang doa makan sahur dalam bahasa Indonesia:

  • Dibaca sebelum dan sesudah makan.
  • Terdapat dalam beberapa kitab hadits.
  • Memiliki bacaan khusus.
  • Memohon keberkahan dari Allah SWT.
  • Dianjurkan untuk dibaca.

Dengan membaca doa makan sahur, diharapkan kita dapat memperoleh berkah dan kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa.

Dibaca sebelum dan sesudah makan.

Doa makan sahur dibaca sebelum dan sesudah makan. Hal ini berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, beliau bersabda, “Jika seseorang dari kalian hendak makan, maka bacalah, ‘Allahumma bariklana fima razaqtana waqina ‘adzabannar (Ya Allah, berkahilah makanan yang telah Engkau rizkikan kepada kami dan lindungilah kami dari azab neraka).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Doa sebelum makan dibaca dengan tujuan untuk memohon keberkahan dari Allah SWT atas makanan yang akan kita makan. Dengan membaca doa sebelum makan, diharapkan makanan yang kita konsumsi dapat memberikan manfaat dan kekuatan bagi tubuh kita selama berpuasa.

Setelah selesai makan, kita juga dianjurkan untuk membaca doa setelah makan. Hal ini berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al-Khudri RA, beliau bersabda, “Jika seseorang dari kalian selesai makan, maka bacalah, ‘Alhamdulillahilladzi ath’amana wasaqana wakafana wa ahsanalan ilaina lahula syarikala (Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kepada kami, serta mencukupkan kami dan memuliakan kami. Tiada sekutu bagi-Nya).” (HR. Muslim).

Doa setelah makan dibaca dengan tujuan untuk bersyukur kepada Allah SWT atas makanan yang telah kita konsumsi. Dengan membaca doa setelah makan, diharapkan kita dapat memperoleh keberkahan dan pahala dari Allah SWT.

Demikian penjelasan tentang doa makan sahur yang dibaca sebelum dan sesudah makan. Semoga bermanfaat.