Gambarlah Salah Satu Tokoh Tuliskan Pendapatmu Tentang Tokoh Tersebut

Gambarlah Salah Satu Tokoh, Tuliskan Pendapatmu Tentang Tokoh Tersebut

Gambar merupakan salah satu media untuk mengekspresikan diri. Melalui gambar, kita dapat menyampaikan pesan, ide, atau perasaan kita. Dalam kegiatan pembelajaran, gambar juga dapat digunakan sebagai media untuk menganalisis, menginterpretasi, dan mengevaluasi suatu karya sastra.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah menggambar salah satu tokoh dalam suatu cerita. Kegiatan ini dapat membantu siswa untuk memahami karakteristik tokoh, baik secara fisik maupun psikis. Selain itu, kegiatan ini juga dapat melatih kreativitas dan keterampilan siswa dalam menggambar.

Setelah menggambar salah satu tokoh, siswa dapat menuliskan pendapatnya tentang tokoh tersebut. Pendapat ini dapat didasarkan pada penampilan fisik tokoh, karakter tokoh, atau peran tokoh dalam cerita.

Berikut ini adalah contoh gambar salah satu tokoh dalam cerita Taman Bermain yang Hilang karya Taufik Ismail:

[Gambar Kupi, kepiting kecil yang merupakan tokoh utama dalam cerita Taman Bermain yang Hilang]

Gambar Kupi di atas menunjukkan bahwa Kupi adalah kepiting kecil yang lucu dan menggemaskan. Kupi memiliki dua mata besar dan dua antena yang panjang. Kupi juga memiliki kaki-kaki yang kecil dan ramping.

Berdasarkan penampilan fisiknya, Kupi dapat dikatakan sebagai tokoh yang menarik dan menggemaskan. Namun, Kupi juga memiliki karakter yang kuat dan berani. Kupi tidak takut melawan kezaliman manusia yang telah merusak taman bermainnya.

Berikut ini adalah 10 pertanyaan yang dapat diajukan kepada siswa setelah menggambar salah satu tokoh dalam suatu cerita:

  1. Siapa tokoh yang kamu gambar?
  2. Bagaimana penampilan fisik tokoh tersebut?
  3. Bagaimana karakter tokoh tersebut?
  4. Apa peran tokoh tersebut dalam cerita?
  5. Apakah kamu menyukai tokoh tersebut?
  6. Apakah ada bagian dari cerita yang kamu sukai atau tidak sukai berkaitan dengan tokoh tersebut?
  7. Apakah ada hal yang ingin kamu ubah dari tokoh tersebut?
  8. Apakah ada hal yang ingin kamu tanyakan kepada tokoh tersebut?
  9. Apakah kamu ingin menjadi seperti tokoh tersebut?
  10. Apa pesan yang kamu dapatkan dari tokoh tersebut?

Penyelesaian dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat disesuaikan dengan pendapat siswa. Berikut ini adalah contoh penyelesaian dari pertanyaan-pertanyaan tersebut:

Pertanyaan 1:

Tokoh yang saya gambar adalah Kupi, kepiting kecil yang merupakan tokoh utama dalam cerita Taman Bermain yang Hilang.

Pertanyaan 2:

Kupi memiliki penampilan fisik yang lucu dan menggemaskan. Kupi memiliki dua mata besar dan dua antena yang panjang. Kupi juga memiliki kaki-kaki yang kecil dan ramping.

Pertanyaan 3:

Kupi adalah tokoh yang kuat dan berani. Kupi tidak takut melawan kezaliman manusia yang telah merusak taman bermainnya.

Pertanyaan 4:

Kupi adalah tokoh protagonis dalam cerita Taman Bermain yang Hilang. Kupi berperan sebagai tokoh yang berjuang untuk mengembalikan taman bermain yang telah rusak.

Pertanyaan 5:

Ya, saya menyukai tokoh Kupi. Kupi adalah tokoh yang lucu, berani, dan peduli terhadap lingkungan.

Pertanyaan 6:

Ada bagian dari cerita yang saya sukai, yaitu bagian di mana Kupi berhasil mengembalikan taman bermainnya. Bagian yang saya tidak sukai adalah bagian di mana taman bermain itu awalnya rusak oleh manusia.

Pertanyaan 7:

Ada hal yang ingin saya ubah dari tokoh Kupi, yaitu saya ingin Kupi lebih sabar dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Pertanyaan 8:

Saya ingin bertanya kepada Kupi bagaimana cara dia bisa begitu berani melawan kezaliman manusia.

Pertanyaan 9:

Ya, saya ingin menjadi seperti Kupi. Saya ingin menjadi orang yang lucu, berani, dan peduli terhadap lingkungan.

Pertanyaan 10:

Pesan yang saya dapatkan dari tokoh Kupi adalah bahwa kita harus berani melawan kezaliman dan membela apa yang kita yakini.

Kegiatan menggambar salah satu tokoh dalam suatu cerita dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Kegiatan ini dapat membantu siswa untuk memahami karakteristik tokoh, mengekspresikan diri, dan melatih kreativitas dan keterampilan siswa dalam menggambar.

Check Also

Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan VOC

Penjajahan VOC di Indonesia berlangsung selama lebih dari 200 tahun, yaitu dari tahun 1602 hingga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *