Kamis , April 18 2024

PKI Menuntut Pemerintah Indonesia Untuk Membentuk Angkatan Kelima Dengan Tujuan

Partai Komunis Indonesia (PKI) merupakan partai politik terbesar di Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin. Pada masa itu, PKI memiliki pengaruh yang besar terhadap pemerintahan Presiden Soekarno. Salah satu gagasan besar PKI yang diajukan kepada pemerintah adalah pembentukan Angkatan Kelima.

Angkatan Kelima adalah unsur pertahanan keamanan Republik Indonesia yang diusulkan oleh PKI. Angkatan Kelima terdiri dari kaum buruh dan tani yang dipersenjatai. Pembentukan Angkatan Kelima diusulkan oleh Ketua PKI, DN Aidit, pada Januari 1965.

Ada beberapa tujuan di balik tuntutan PKI untuk membentuk Angkatan Kelima. Pertama, Angkatan Kelima bertujuan untuk mempersenjatai kaum buruh dan tani. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat posisi PKI sebagai partai yang mewakili kepentingan rakyat.

Kedua, Angkatan Kelima bertujuan untuk menasakomisasi angkatan bersenjata. Angkatan Kelima akan diisi oleh kader-kader PKI yang telah dilatih secara militer. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi pengaruh angkatan bersenjata terhadap pemerintahan.

Ketiga, Angkatan Kelima bertujuan sebagai antisipasi terhadap konfrontasi dengan Malaysia. Pada saat itu, Indonesia sedang berkonfrontasi dengan Malaysia dan Inggris. PKI khawatir konfrontasi tersebut akan berkembang menjadi perang terbuka. Angkatan Kelima diharapkan dapat membantu memperkuat pertahanan Indonesia.

Tuntutan PKI untuk membentuk Angkatan Kelima mendapat penolakan dari beberapa pihak, termasuk dari angkatan bersenjata. Angkatan bersenjata khawatir bahwa Angkatan Kelima akan menjadi kekuatan yang mengancam eksistensinya.

Penolakan dari angkatan bersenjata tersebut semakin diperkuat oleh peristiwa G30S/PKI. Peristiwa tersebut membuat angkatan bersenjata semakin antipati terhadap PKI.

Pada akhirnya, tuntutan PKI untuk membentuk Angkatan Kelima tidak pernah terwujud. Hal ini disebabkan oleh peristiwa G30S/PKI yang menyebabkan PKI dibubarkan.

Pembentukan Angkatan Kelima merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia. Peristiwa ini menunjukkan bahwa PKI memiliki ambisi besar untuk menguasai pemerintahan Indonesia.

Tuntutan PKI untuk membentuk Angkatan Kelima juga menunjukkan adanya perbedaan ideologi yang tajam antara PKI dan angkatan bersenjata. Perbedaan ideologi ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa G30S/PKI.

Peristiwa G30S/PKI merupakan titik balik bagi sejarah Indonesia. Peristiwa ini mengakhiri kekuasaan PKI dan memperkuat posisi angkatan bersenjata dalam pemerintahan Indonesia.