Gurun Atacama 15

Gurun Atacama: Gurun Terkering di Dunia

Gurun Atacama adalah gurun yang terletak di Amerika Selatan, meliputi sebidang tanah seluas 600-mil (1.000 km) di pantai Pasifik Amerika Selatan, sebelah barat pegunungan Andes. Gurun ini dianggap sebagai gurun terkering di dunia, dengan curah hujan rata-rata hanya 0,007 inci (0,178 mm) per tahun. Beberapa lokasi di gurun ini bahkan tidak pernah menerima hujan sama sekali.
[Image of Gurun Atacama, Amerika Selatan]

Penyebab Keringnya Gurun Atacama

Keringnya Gurun Atacama disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Bayangan hujan: Gurun Atacama terletak di antara dua rangkaian pegunungan, yaitu Pegunungan Andes di timur dan Pegunungan Pantai Chili di barat. Pegunungan-pegunungan ini menghalangi awan yang membawa hujan dari Samudra Pasifik.
  • Lapisan inversi pesisir: Arus Humboldt yang dingin mengalir di lepas pantai Chili. Arus ini menciptakan lapisan inversi suhu, yang menyebabkan udara dingin dan kering di atas gurun.
  • Kondisi topografi: Gurun Atacama terletak di ketinggian yang tinggi, yaitu sekitar 2.500 meter di atas permukaan laut. Ketinggian ini menyebabkan suhu udara lebih dingin dan kering.

Kehidupan di Gurun Atacama

Meskipun dikenal sebagai gurun terkering di dunia, Gurun Atacama ternyata masih memiliki kehidupan. Beberapa jenis tanaman dan hewan telah beradaptasi dengan kondisi gurun yang kering dan gersang.

Beberapa jenis tanaman yang hidup di Gurun Atacama antara lain:

  • Cactus: Cacti adalah tanaman yang sangat tahan kekeringan. Mereka memiliki akar yang panjang dan dalam yang dapat menyerap air dari tanah yang dalam.
  • Xerophytes: Xerophytes adalah tanaman yang telah beradaptasi dengan kondisi kering. Mereka memiliki daun yang kecil atau tidak ada, dan mereka menyimpan air di batang atau akar mereka.

Beberapa jenis hewan yang hidup di Gurun Atacama antara lain:

  • Flamingo: Flamingo adalah burung yang memakan alga yang tumbuh di danau garam di Gurun Atacama.
  • Vicugna: Vicugna adalah sejenis unta yang memiliki bulu yang tebal untuk melindunginya dari dingin.
  • Guanaco: Guanaco adalah sejenis ruminansia yang mirip llama. Mereka memiliki bulu yang tebal dan kaki yang kuat yang memungkinkan mereka untuk berjalan di atas tanah yang keras.

Kegunaan Gurun Atacama

Gurun Atacama memiliki banyak kegunaan, antara lain:

  • Pertambangan: Gurun Atacama memiliki banyak deposit mineral yang berharga, termasuk tembaga, emas, dan perak.
  • Observatorium astronomi: Gurun Atacama memiliki langit yang cerah dan minim polusi cahaya, sehingga cocok untuk observasi astronomi.
  • Pariwisata: Gurun Atacama adalah tujuan wisata populer bagi wisatawan yang tertarik dengan keindahan alam dan budayanya.

Kesimpulan

Gurun Atacama adalah gurun yang unik dan menarik. Gurun ini merupakan salah satu tempat terkering di dunia, tetapi masih memiliki kehidupan. Gurun Atacama memiliki banyak kegunaan, antara lain pertambangan, observasi astronomi, dan pariwisata.