Breaking News

Jawaban Aktivitas Kelompok Ips Kelas 8 Hal 202

Jawaban Aktivitas Kelompok IPS Kelas 8 Hal 202: Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Pada halaman 202 buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 terdapat aktivitas kelompok yang membahas tentang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia. Aktivitas kelompok ini terdiri dari tiga pertanyaan, yaitu:

  1. Bagaimana awal mula kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda ke Indonesia?
  2. Apa saja faktor pendorong kedatangan bangsa Barat ke Indonesia?
  3. Apa saja dampak kedatangan bangsa Barat ke Indonesia?

Berikut adalah jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut:

Pertanyaan 1: Bagaimana awal mula kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda ke Indonesia?

Awal mula kedatangan bangsa Barat ke Indonesia dapat ditelusuri dari penjelajahan samudera yang dilakukan oleh bangsa-bangsa Eropa pada abad ke-15 dan ke-16. Penjelajahan samudera ini dilakukan karena adanya beberapa faktor, yaitu:

  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dalam bidang pelayaran dan navigasi.
  • Hasrat untuk mencari keuntungan, terutama berupa rempah-rempah dan kekayaan alam lainnya.
  • Hasrat untuk menyebarkan agama Kristen.

Bangsa Portugis merupakan bangsa Eropa pertama yang sampai di Indonesia. Pada tahun 1511, bangsa Portugis berhasil menguasai Malaka, yang merupakan pusat perdagangan rempah-rempah di Asia Tenggara. Setelah menguasai Malaka, bangsa Portugis kemudian melakukan ekspansi ke wilayah-wilayah lain di Indonesia, seperti Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Bangsa Spanyol juga datang ke Indonesia pada abad ke-16. Pada tahun 1521, bangsa Spanyol berhasil mendarat di Maluku. Namun, ekspansi bangsa Spanyol di Indonesia tidak berlangsung lama karena adanya persaingan dengan bangsa Portugis. Pada tahun 1529, kedua bangsa ini menandatangani perjanjian Saragosa yang membagi wilayah kekuasaan di Indonesia.

Bangsa Belanda datang ke Indonesia pada abad ke-17. Pada tahun 1602, bangsa Belanda mendirikan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau Kompeni Hindia Timur. VOC kemudian melakukan ekspansi ke wilayah-wilayah di Indonesia dan akhirnya berhasil menguasai seluruh wilayah Indonesia pada abad ke-19.

Pertanyaan 2: Apa saja faktor pendorong kedatangan bangsa Barat ke Indonesia?

Faktor pendorong kedatangan bangsa Barat ke Indonesia dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam negeri bangsa Barat sendiri, yaitu:

  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama dalam bidang pelayaran dan navigasi. Perkembangan ini memungkinkan bangsa Barat untuk melakukan penjelajahan samudera.
  • Hasrat untuk mencari keuntungan, terutama berupa rempah-rempah dan kekayaan alam lainnya. Rempah-rempah merupakan komoditas yang sangat berharga pada masa itu dan memiliki permintaan yang tinggi di Eropa.
  • Hasrat untuk menyebarkan agama Kristen. Bangsa Barat, terutama bangsa Portugis dan Spanyol, memiliki misi untuk menyebarkan agama Kristen ke seluruh dunia.

Faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar negeri bangsa Barat, yaitu:

  • Persaingan antarbangsa Barat. Bangsa Barat saling bersaing untuk menguasai perdagangan dan sumber daya alam di dunia.
  • Penemuan benua baru, yaitu Amerika. Penemuan benua baru ini mendorong bangsa Barat untuk mencari rute perdagangan baru yang lebih menguntungkan.

Pertanyaan 3: Apa saja dampak kedatangan bangsa Barat ke Indonesia?

Dampak kedatangan bangsa Barat ke Indonesia dapat dikelompokkan menjadi dampak positif dan dampak negatif.

Dampak positif kedatangan bangsa Barat ke Indonesia antara lain:

  • Penyebaran agama Kristen. Kedatangan bangsa Barat membawa misi untuk menyebarkan agama Kristen ke seluruh dunia.
  • Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kedatangan bangsa Barat membawa pengaruh dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.
  • Pengembangan infrastruktur. Bangsa Barat membangun berbagai infrastruktur di Indonesia, seperti jalan, jembatan, dan pelabuhan.

Dampak negatif kedatangan bangsa Barat ke Indonesia antara lain:

  • Pendudukan dan penjajahan. Bangsa Barat menjajah Indonesia selama ratusan tahun. Penjajahan ini menyebabkan penderitaan dan kerugian bagi bangsa Indonesia.
  • Perubahan sosial dan budaya. Kedatangan bangsa Barat membawa perubahan dalam kehidupan sosial dan budaya bangsa Indonesia.
  • Penambahan kemiskinan. Kedatangan bangsa Barat menyebabkan terjadinya eksploitasi sumber daya alam dan tenaga kerja di Indonesia.