Minggu , Juni 16 2024

Jawaban Aktivitas Kelompok Ips Kelas 8 Halaman 202

Jawaban Aktivitas Kelompok IPS Kelas 8 Halaman 202

Pada halaman 202 buku IPS kelas 8, terdapat tugas Aktivitas Kelompok yang membahas tentang kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda ke Indonesia. Tugas ini terdiri dari beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa secara berkelompok.

Pertanyaan-pertanyaan dalam Aktivitas Kelompok halaman 202

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan dalam Aktivitas Kelompok halaman 202:

  1. Mengapa bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda tertarik untuk datang ke Indonesia?
  2. Jelaskan faktor-faktor yang mendorong kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda ke Indonesia!
  3. Jelaskan pengaruh kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda terhadap kehidupan masyarakat Indonesia!

Jawaban Pertanyaan-pertanyaan Aktivitas Kelompok

Berikut adalah jawaban pertanyaan-pertanyaan Aktivitas Kelompok halaman 202:

Pertanyaan 1

Bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda tertarik untuk datang ke Indonesia karena beberapa faktor, antara lain:

  • Faktor ekonomi. Bangsa-bangsa Eropa tersebut tertarik untuk mencari rempah-rempah yang merupakan komoditas yang sangat berharga pada masa itu.
  • Faktor agama. Bangsa Portugis dan Spanyol datang ke Indonesia dengan misi penyebaran agama Kristen.
  • Faktor politik. Bangsa Belanda datang ke Indonesia untuk menguasai perdagangan di wilayah tersebut.

Pertanyaan 2

Faktor-faktor yang mendorong kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda ke Indonesia secara lebih rinci dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Faktor ekonomi

Bangsa-bangsa Eropa pada masa itu membutuhkan rempah-rempah untuk memenuhi kebutuhan industri dan perdagangan mereka. Rempah-rempah merupakan komoditas yang sangat berharga dan langka di Eropa. Oleh karena itu, bangsa-bangsa Eropa tersebut berusaha untuk mencari rempah-rempah di daerah-daerah lain, termasuk Indonesia.

  • Faktor agama

Bangsa Portugis dan Spanyol datang ke Indonesia dengan misi penyebaran agama Kristen. Pada masa itu, agama Kristen masih belum berkembang di Indonesia. Oleh karena itu, bangsa Portugis dan Spanyol berusaha untuk menyebarkan agama Kristen di Indonesia.

  • Faktor politik

Bangsa Belanda datang ke Indonesia untuk menguasai perdagangan di wilayah tersebut. Pada masa itu, Belanda merupakan negara yang kuat dan memiliki kemampuan untuk menguasai perdagangan. Oleh karena itu, Belanda berusaha untuk menguasai perdagangan di Indonesia.

Pertanyaan 3

Pengaruh kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda terhadap kehidupan masyarakat Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa bidang, antara lain:

  • Bidang ekonomi

Kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda membawa perubahan besar dalam bidang ekonomi masyarakat Indonesia. Bangsa-bangsa Eropa tersebut membawa teknologi baru dalam bidang pertanian, perkebunan, dan perdagangan. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan dalam pola produksi dan perdagangan di Indonesia.

  • Bidang sosial

Kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda juga membawa perubahan dalam bidang sosial masyarakat Indonesia. Bangsa-bangsa Eropa tersebut memperkenalkan budaya dan agama baru kepada masyarakat Indonesia. Hal ini menyebabkan terjadinya akulturasi budaya dan agama di Indonesia.

  • Bidang politik

Kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda juga membawa perubahan dalam bidang politik masyarakat Indonesia. Bangsa-bangsa Eropa tersebut berusaha untuk menguasai politik di Indonesia. Hal ini menyebabkan terjadinya penjajahan di Indonesia selama ratusan tahun.

Kesimpulan

Kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda ke Indonesia memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Pengaruh tersebut dapat dilihat dalam berbagai bidang, antara lain ekonomi, sosial, dan politik.