Jawaban Ips Kelas 8 Hal 210

Jawaban IPS Kelas 8 Hal 210

Pada halaman 210 buku IPS kelas 8 terdapat beberapa soal yang membahas tentang bentuk kerja paksa pada masa penjajahan Belanda. Berikut adalah pembahasan lengkap dari soal-soal tersebut:

Soal 1

Bentuk kerja paksa yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia antara lain:

  • Tanam paksa
  • Pembangunan jalan raya 1000 km
  • Pangkalan armada

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (A). Tanam paksa adalah bentuk kerja paksa yang paling terkenal pada masa penjajahan Belanda. Sistem ini mengharuskan rakyat Indonesia untuk menanam tanaman ekspor seperti lada, kopi, kelapa, dan cengkih. Rakyat Indonesia tidak boleh menanam tanaman lain selain tanaman ekspor.

Pembangunan jalan raya 1000 km juga merupakan bentuk kerja paksa yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda. Jalan raya ini dibangun untuk menghubungkan wilayah-wilayah di Indonesia. Pembangunan jalan raya ini memakan waktu bertahun-tahun dan memakan banyak korban jiwa.

Pangkalan armada juga merupakan bentuk kerja paksa yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda. Pangkalan armada ini dibangun untuk memperkuat pertahanan Belanda di Indonesia. Pembangunan pangkalan armada ini juga memakan banyak korban jiwa.

Soal 2

Lokasi pelaksanaan kerja paksa tanam paksa adalah:

  • Sebagian besar wilayah Jawa
  • Sebagian besar wilayah Sumatra
  • Sebagian besar wilayah Kalimantan

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (A). Tanam paksa dilaksanakan di sebagian besar wilayah Jawa, yaitu di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tanam paksa juga dilaksanakan di beberapa wilayah di Sumatra, seperti di Aceh, Tapanuli, dan Lampung. Namun, pelaksanaan tanam paksa di Sumatra tidak seintensif di Jawa.

Soal 3

Bentuk kerja paksa yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia bertujuan untuk:

  • Meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia
  • Memperkuat pertahanan Belanda di Indonesia
  • Meningkatkan pendapatan pemerintah kolonial Belanda

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (C). Pemerintah kolonial Belanda melakukan kerja paksa untuk meningkatkan pendapatannya. Tanam paksa menghasilkan komoditas ekspor yang dijual ke negara-negara lain. Hasil penjualan komoditas ekspor ini digunakan untuk membiayai pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia.

Soal 4

Dampak negatif kerja paksa bagi rakyat Indonesia antara lain:

  • Rakyat Indonesia mengalami penderitaan fisik dan mental
  • Rakyat Indonesia kehilangan kesempatan untuk mengembangkan diri
  • Rakyat Indonesia menjadi miskin

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (A). Kerja paksa menyebabkan rakyat Indonesia mengalami penderitaan fisik dan mental. Rakyat Indonesia harus bekerja keras tanpa upah yang layak. Mereka juga sering mendapat perlakuan kasar dari para mandor.

Selain itu, kerja paksa juga menyebabkan rakyat Indonesia kehilangan kesempatan untuk mengembangkan diri. Rakyat Indonesia tidak memiliki waktu untuk bersekolah atau belajar keterampilan. Hal ini menyebabkan mereka menjadi miskin dan sulit untuk memperbaiki kehidupannya.

Soal 5

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kerja paksa di masa depan antara lain:

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hak asasi manusia
  • Memperkuat regulasi yang mengatur tentang kerja paksa
  • Meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan kerja paksa

Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (A). Kesadaran masyarakat akan pentingnya hak asasi manusia merupakan hal yang penting untuk mencegah terjadinya kerja paksa di masa depan. Masyarakat harus memahami bahwa kerja paksa adalah pelanggaran terhadap hak asasi manusia.

Selain itu, regulasi yang mengatur tentang kerja paksa juga harus diperkuat. Regulasi ini harus tegas dan memberikan sanksi yang berat bagi pelanggarnya. Pengawasan terhadap pelaksanaan kerja paksa juga harus ditingkatkan. Hal ini untuk memastikan bahwa kerja paksa tidak terjadi.

dewahoki303 nagahoki303