Jawaban Paket Ips Kelas 8 Hal 202

Jawaban Paket IPS Kelas 8 Hal 202

Pada halaman 202 buku IPS kelas 8 terdapat tugas Aktivitas Kelompok yang membahas tentang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia. Tugas ini terdiri dari 2 pertanyaan, yaitu:

  1. Jelaskan alasan kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda ke Indonesia.
  2. Sebutkan dampak kedatangan bangsa Barat ke Indonesia.

Pembahasan

Alasan Kedatangan Bangsa Barat

Alasan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu alasan ekonomi dan alasan politik.

  • Alasan ekonomi

Bangsa Barat datang ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah yang sangat berharga di Eropa. Rempah-rempah digunakan sebagai bumbu masakan, obat-obatan, dan bahan kosmetik. Bangsa Barat percaya bahwa rempah-rempah dari Indonesia memiliki kualitas yang lebih baik daripada rempah-rempah dari daerah lain.

  • Alasan politik

Bangsa Barat juga datang ke Indonesia untuk menyebarkan agama Kristen dan untuk menguasai wilayah Indonesia. Bangsa Barat percaya bahwa mereka memiliki misi suci untuk menyebarkan agama Kristen kepada penduduk Indonesia. Selain itu, bangsa Barat juga ingin menguasai wilayah Indonesia untuk mendapatkan keuntungan ekonomi dan politik.

Dampak Kedatangan Bangsa Barat

Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia memiliki dampak yang sangat besar, baik dampak positif maupun negatif.

  • Dampak positif

Dampak positif kedatangan bangsa Barat antara lain:

* **Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi** * **Peningkatan perekonomian** * **Penyebaran agama Kristen** 
  • Dampak negatif

Dampak negatif kedatangan bangsa Barat antara lain:

* **Kemunduran ekonomi rakyat Indonesia** * **Penyebaran penyakit** * **Kehilangan budaya dan adat istiadat Indonesia** 

Penjelasan Jawaban

Pertanyaan 1

Alasan kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda ke Indonesia adalah untuk mencari rempah-rempah. Bangsa Portugis datang pertama kali ke Indonesia pada tahun 1511. Kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia dipelopori oleh Alfonso de Albuquerque. Bangsa Portugis berhasil menguasai Malaka pada tahun 1511. Dengan menguasai Malaka, bangsa Portugis memiliki akses yang lebih mudah untuk mendapatkan rempah-rempah dari Indonesia.

Bangsa Spanyol datang ke Indonesia pada tahun 1521. Kedatangan bangsa Spanyol ke Indonesia dipelopori oleh Ferdinand Magellan. Bangsa Spanyol berhasil mencapai kepulauan Maluku pada tahun 1521. Bangsa Spanyol kemudian mendirikan benteng di Ternate dan Tidore.

Bangsa Belanda datang ke Indonesia pada tahun 1596. Kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia dipelopori oleh Cornelis de Houtman. Bangsa Belanda kemudian mendirikan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada tahun 1602. VOC merupakan perusahaan dagang yang memiliki monopoli perdagangan di Indonesia.

Pertanyaan 2

Dampak kedatangan bangsa Barat ke Indonesia dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif.

  • Dampak positif

Dampak positif kedatangan bangsa Barat antara lain:

* **Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi** 

Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia membawa pengaruh yang besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Bangsa Barat memperkenalkan berbagai macam ilmu pengetahuan dan teknologi baru kepada penduduk Indonesia. Hal ini menyebabkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia menjadi lebih pesat.

* **Peningkatan perekonomian** 

Kedatangan bangsa Barat juga menyebabkan peningkatan perekonomian di Indonesia. Bangsa Barat memperkenalkan sistem perdagangan baru yang lebih modern kepada penduduk Indonesia. Hal ini menyebabkan perekonomian di Indonesia menjadi lebih maju.

* **Penyebaran agama Kristen** 

Kedatangan bangsa Barat juga menyebabkan penyebaran agama Kristen di Indonesia. Bangsa Barat menyebarkan agama Kristen kepada penduduk Indonesia dengan cara yang halus dan sopan. Hal ini menyebabkan banyak penduduk Indonesia yang memeluk agama Kristen.

  • Dampak negatif

Dampak negatif kedatangan bangsa Barat antara lain:

* **Kemunduran ekonomi rakyat Indonesia** 

Kedatangan bangsa Barat menyebabkan kemunduran ekonomi rakyat Indonesia. Hal ini disebabkan karena bangsa Barat menerapkan sistem monopoli perdagangan. Sistem monopoli perdagangan menyebabkan penduduk Indonesia tidak dapat bersaing dengan pedagang-pedagang Barat.

* **Penyebaran penyakit** 

Kedatangan bangsa Barat juga menyebabkan penyebaran penyakit di Indonesia. Bangsa Barat membawa berbagai macam penyakit dari Eropa yang belum pernah ada di Indonesia. Hal ini menyebabkan banyak penduduk Indonesia yang meninggal dunia karena penyakit.

* **Kehilangan budaya dan adat istiadat Indonesia** 

Kedatangan bangsa Barat juga menyebabkan hilangnya budaya dan adat istiadat Indonesia. Hal ini disebabkan karena bangsa Barat berusaha untuk menggantikan budaya dan adat istiada