Breaking News

Jawaban Tugas Individu Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 236

Jawaban Tugas Individu Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 236

Identitas Buku Fiksi

  • Judul: Perahu Kertas
  • Pengarang: Dewi Lestari
  • Penerbit: Bentang Pustaka
  • Jumlah Halaman: 343 halaman

Isi Buku

Buku Perahu Kertas bercerita tentang Kugy, seorang gadis yang bercita-cita menjadi penulis. Ia memiliki seorang sahabat bernama Keenan, seorang pelukis yang berbakat. Kugy dan Keenan saling mencintai, tetapi mereka tidak bisa bersama karena perbedaan latar belakang keluarga.

Kugy akhirnya menikah dengan Remi, seorang pria yang kaya dan mapan. Namun, pernikahan mereka tidak bahagia. Remi adalah pria yang egois dan tidak menghargai Kugy. Kugy pun akhirnya memutuskan untuk bercerai.

Setelah bercerai, Kugy kembali ke Yogyakarta untuk mengejar cita-citanya menjadi penulis. Ia bertemu dengan Remi, yang ternyata telah menjadi pelukis terkenal. Kugy dan Remi akhirnya kembali bersama, tetapi kali ini mereka bertekad untuk saling membahagiakan.

Identitas Buku Nonfiksi

  • Judul:The Power of Habit
  • Penulis: Charles Duhigg
  • Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah Halaman: 400 halaman

Isi Buku

Buku The Power of Habit menjelaskan bagaimana kebiasaan terbentuk dan bagaimana kita bisa mengubahnya. Buku ini ditulis oleh Charles Duhigg, seorang jurnalis pemenang penghargaan Pulitzer.

Duhigg menjelaskan bahwa kebiasaan terbentuk dari tiga elemen, yaitu pemicu, rutinitas, dan hadiah. Pemicu adalah sesuatu yang memulai kebiasaan. Rutinitas adalah tindakan yang kita lakukan secara berulang-ulang. Hadiah adalah sesuatu yang kita dapatkan dari melakukan rutinitas tersebut.

Untuk mengubah kebiasaan, kita perlu mengubah salah satu dari tiga elemen tersebut. Kita bisa mengubah pemicu, rutinitas, atau hadiah.

Pembahasan

Tugas individu pada halaman 236 buku Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/MTs meminta siswa untuk membaca lima buah buku yang masing-masing berupa fiksi dan nonfiksi. Siswa diminta untuk mencatat identitas buku tersebut yang meliputi judul, penulis/pengarang, penerbit, jumlah halaman. Selain itu, siswa juga diminta untuk menjelaskan isi buku tersebut secara ringkas.

Identitas buku fiksi yang dicontohkan dalam buku tersebut adalah Perahu Kertas karya Dewi Lestari. Buku ini bercerita tentang cinta segitiga antara Kugy, Keenan, dan Remi. Kugy adalah seorang gadis yang bercita-cita menjadi penulis. Ia memiliki seorang sahabat bernama Keenan, seorang pelukis yang berbakat. Kugy dan Keenan saling mencintai, tetapi mereka tidak bisa bersama karena perbedaan latar belakang keluarga.

Identitas buku nonfiksi yang dicontohkan dalam buku tersebut adalah The Power of Habit karya Charles Duhigg. Buku ini menjelaskan bagaimana kebiasaan terbentuk dan bagaimana kita bisa mengubahnya. Duhigg menjelaskan bahwa kebiasaan terbentuk dari tiga elemen, yaitu pemicu, rutinitas, dan hadiah.

Dengan membaca lima buah buku yang berbeda, siswa dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan yang beragam. Siswa dapat belajar tentang berbagai macam topik, mulai dari cerita fiksi, hingga informasi nonfiksi.

Tugas individu ini juga dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan membaca dan menulis. Dengan membaca, siswa dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan kosakatanya. Dengan menulis, siswa dapat mengekspresikan ide dan pikirannya dengan lebih baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengerjakan tugas individu ini:

  • Pilihlah buku-buku yang menarik dan sesuai dengan minatmu.
  • Bacalah buku-buku tersebut dengan cermat dan teliti.
  • Catatlah identitas buku tersebut dengan lengkap.
  • Jelaskan isi buku tersebut secara ringkas dan jelas.

Semoga penjelasan ini dapat membantumu untuk mengerjakan tugas individu ini.