Breaking News

Kabupaten Garut Raih 2 Penghargaan Aksi Stunting Award Jabar 2023

ASA Jabar 2023
ASA Jabar 2023

Bandung, 29 November 2023 – Kabupaten Garut meraih 2 penghargaan sekaligus dalam acara Aksi Stunting Award (ASA) Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Selasa (28/11/2023).

Kedua penghargaan tersebut yaitu:

  • Kabupaten Penyelenggara Percepatan Penurunan Stunting Terbaik Ke-3
  • Kabupaten Inovatif dalam Percepatan Penurunan Stunting Terbaik Ke-2

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, M. Taufiq Budi Santoso, kepada Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman.

Kabupaten Subang Raih Penghargaan ASA Jabar 2023 Kategori Terbaik 1

Pada kategori Kabupaten/Kota dengan Kinerja Terbaik dalam Pelaksanaan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2023, Kabupaten Subang meraih penghargaan sebagai terbaik 1. Disusul Kota Sukabumi sebagai terbaik 2, dan Kabupaten Garut sebagai terbaik 3.

Kabupaten Cianjur Raih Penghargaan ASA Jabar 2023 Kategori Inovatif

Pada kategori Kabupaten/Kota Inovatif dalam Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023, Kabupaten Cianjur meraih penghargaan sebagai terbaik 1. Disusul Kabupaten Garut sebagai terbaik 2, dan Kota Depok sebagai terbaik 3.

Kabupaten Sumedang Raih Penghargaan ASA Jabar 2023 Kategori Best Practise

Pada kategori Kabupaten/Kota Best Practise dalam Pelaksanaan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2023, Kabupaten Sumedang meraih penghargaan sebagai terbaik.

Pemkab Garut Beri Apresiasi Atas Raihan Penghargaan ASA Jabar 2023

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi atas raihan penghargaan ini.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat, hingga swasta,” kata Helmi.

Helmi juga berkomitmen untuk terus berupaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Garut.

“Kami akan terus berupaya untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Garut, dengan berbagai upaya yang telah kami lakukan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dr. Budi Mulyadi, menjelaskan bahwa Kabupaten Garut telah melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka stunting, di antaranya:

  • Pengukuran tinggi badan dan berat badan balita secara rutin
  • Pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita stunting
  • Edukasi kepada ibu hamil dan keluarga
  • Kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk swasta

Menurut Budi, upaya-upaya tersebut telah membuahkan hasil, di mana angka stunting di Kabupaten Garut telah menurun dari 16,5% pada tahun 2022 menjadi 15,6% pada tahun 2023.

“Kami berharap angka stunting di Kabupaten Garut dapat terus menurun, sehingga anak-anak di Kabupaten Garut dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat,” ujar Budi.