Sabtu , April 20 2024

Kabupaten Garut Raih Penghargaan Anindhita Wistara Data dari BPS

Garut, 06 Desember 2023 – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, meraih Penghargaan Anindhita Wistara Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan dalam acara Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2023, yang berlangsung di Hotel Ritz-Carlton Pacific Place, Sudirman, Jakarta, Senin (4/12/23).

Penghargaan Anindhita Wistara Data merupakan bentuk apresiasi BPS terhadap komitmen dan capaian Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral. Kabupaten Garut, bersama 28 kabupaten/kota se-Indonesia, meraih penghargaan sebagai Satuan Kerja dengan Nilai Indeks Pembangunan Statistik 2,84 (Baik) Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota dalam Program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS) 2023.

Margiyanto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, menyampaikan kebahagiannya terkait prestasi ini.

“Pada hari Senin kemarin, kita menerima penghargaan Anindita Wistara Data sebagai bentuk apresiasi kepada daerah dari Badan Pusat Statistik terhadap kinerja pengelolaan data sektoral yang dilaksanakan oleh daerah,” ujarnya di kantornya, Rabu (6/12/2023).

Ia menjelaskan, penghargaan ini diraih berkat kerja keras dan komitmen seluruh jajaran Pemkab Garut dalam mengelola data sektoral. Beberapa langkah yang telah dilakukan, antara lain:

  • Penguatan forum data
  • Peran Diskominfo sebagai wali data
  • Peningkatan efektivitas input data

Margiyanto berharap indeks EPPS Pemkab Garut tahun depan dapat meningkat dari nilai 2,84 yang didapatkan tahun ini.

“Tahun depan kita berharap mudah-mudahan kita bisa mencapai di angka 3 poin, ini tentu harus menjadi motivasi bagi kita semua bahwa apapun yang kita kerjakan hari ini pasti memberikan dampak positif atau negatif,” tandasnya.