Breaking News

Kapan Idul Adha?

Idul Adha merupakan salah satu hari besar umat Islam yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Hari raya ini juga biasa disebut dengan Hari Raya Kurban atau Haji Akbar. Pada hari ini, umat Islam di seluruh dunia merayakan kemenangan Nabi Ibrahim AS atas ujian dari Allah SWT. Nabi Ibrahim diperintahkan untuk menyembelih putranya, Ismail AS. Namun, Allah SWT menggantikan Ismail dengan seekor domba sebagai korban sembelihan.

Idul Adha merupakan hari raya kurban. Pada hari ini, umat Islam diwajibkan untuk menyembelih hewan kurban berupa sapi, kerbau, kambing, atau domba. Hewan kurban tersebut kemudian dibagikan kepada fakir miskin dan kaum dhuafa. Idul Adha juga merupakan hari raya haji. Pada hari ini, umat Islam yang mampu melaksanakan ibadah haji ke Makkah, Arab Saudi.

Waktu pelaksanaan Idul Adha dapat berbeda-beda di setiap negara, tergantung pada penanggalan yang digunakan. Di Indonesia, Idul Adha biasanya jatuh pada bulan Juli atau Agustus.

Kapan Idul Adha

Idul Adha adalah hari raya besar umat Islam yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah.

  • Tanggal 10 Dzulhijjah
  • Hari Raya Kurban
  • Hari Raya Haji
  • Sembelih hewan kurban
  • Bagikan kepada fakir miskin

Idul Adha merupakan hari raya yang penuh dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Umat Islam di seluruh dunia merayakan hari raya ini dengan suka cita.

Tanggal 10 Dzulhijjah

Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Dzulhijjah adalah bulan terakhir dalam kalender Islam. Bulan ini memiliki keutamaan yang besar bagi umat Islam. Selain Idul Adha, ada beberapa peristiwa penting lainnya yang terjadi pada bulan Dzulhijjah, seperti haji dan umrah.

  • Hari Arafah

    Tanggal 9 Dzulhijjah disebut sebagai Hari Arafah. Pada hari ini, para jamaah haji berkumpul di Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf. Wukuf adalah puncak dari ibadah haji. Jamaah haji berdiri di Padang Arafah mulai dari siang hingga matahari terbenam sambil memanjatkan doa-doa kepada Allah SWT.

  • Hari Raya Idul Adha

    Tanggal 10 Dzulhijjah adalah Hari Raya Idul Adha. Pada hari ini, umat Islam di seluruh dunia melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Hewan kurban yang disembelih berupa sapi, kerbau, kambing, atau domba. Daging hewan kurban tersebut kemudian dibagikan kepada fakir miskin dan kaum dhuafa.

  • Hari Tasyrik

    Tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah disebut sebagai Hari Tasyrik. Pada hari-hari ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan takbir. Hari Tasyrik juga merupakan hari-hari untuk melontar jumrah di Mina bagi para jamaah haji.

  • Hari Kurban

    Hari Raya Idul Adha juga disebut sebagai Hari Kurban. Penyembelihan hewan kurban merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang mampu. Hewan kurban yang disembelih harus memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti sehat, tidak cacat, dan telah mencapai usia tertentu.

Demikianlah penjelasan tentang tanggal 10 Dzulhijjah yang berkaitan dengan Idul Adha. Semoga bermanfaat.