Kamis , April 18 2024

Karakteristik Atau Ciri Dari Teks Eksplanasi Adalah

Karakteristik Atau Ciri Dari Teks Eksplanasi Adalah

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena, baik fenomena alam, sosial, budaya, atau lainnya. Teks eksplanasi bertujuan untuk memberi informasi dan pengetahuan kepada pembaca tentang suatu fenomena.

Ada beberapa karakteristik atau ciri yang membedakan teks eksplanasi dengan teks jenis lainnya. Berikut ini adalah karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi:

  • Bersifat informatif

Teks eksplanasi bersifat informatif karena berisi penjelasan tentang suatu fenomena. Informasi yang disampaikan dalam teks eksplanasi bersifat faktual dan dapat dipertanggungjawabkan.

  • Bersifat ilmiah

Penjelasan yang ada dalam teks eksplanasi didasarkan pada fakta dan data ilmiah. Hal ini bertujuan agar informasi yang disampaikan dalam teks eksplanasi dapat dipercaya dan akurat.

  • Bersifat objektif

Teks eksplanasi bersifat objektif karena tidak memuat opini atau pendapat penulis. Informasi yang disampaikan dalam teks eksplanasi harus berdasarkan fakta dan data yang ada.

  • Menggunakan istilah-istilah ilmiah

Teks eksplanasi sering menggunakan istilah-istilah ilmiah untuk menjelaskan suatu fenomena. Istilah-istilah ilmiah ini digunakan agar penjelasan yang disampaikan dalam teks eksplanasi lebih mudah dipahami.

  • Berurutan secara kronologis

Penjelasan dalam teks eksplanasi disusun secara kronologis, yaitu dari awal hingga akhir. Hal ini bertujuan agar pembaca dapat memahami proses terjadinya suatu fenomena dengan mudah.

  • Menggunakan konjungsi sebab-akibat

Konjungsi sebab-akibat digunakan untuk menunjukkan hubungan sebab akibat antara peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam teks eksplanasi. Hal ini bertujuan agar penjelasan yang disampaikan dalam teks eksplanasi lebih mudah dipahami.

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi tentang proses terjadinya hujan:

Proses Terjadinya Hujan

Hujan adalah salah satu fenomena alam yang sering terjadi di bumi. Hujan terjadi karena adanya proses penguapan air dari permukaan bumi. Air yang menguap dari permukaan bumi kemudian naik ke atmosfer dan mengalami kondensasi. Kondensasi adalah proses perubahan wujud air dari gas menjadi cair.

Proses kondensasi terjadi karena suhu di atmosfer lebih rendah daripada suhu di permukaan bumi. Partikel-partikel air yang mengembun di atmosfer akan bergabung membentuk awan. Awan yang terbentuk semakin lama semakin tebal. Ketika awan sudah terlalu tebal, air yang ada di dalamnya akan jatuh ke bumi sebagai hujan.

Demikianlah karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi. Dengan memahami karakteristik atau ciri-ciri ini, kita dapat membedakan teks eksplanasi dengan teks jenis lainnya.