Kemasan Yang Langsung Bersentuhan Dengan Produk Disebut

Kemasan Yang Langsung Bersentuhan Dengan Produk Disebut Kemasan Primer

Kemasan adalah salah satu unsur terpenting dalam pemasaran produk. Kemasan berperan penting untuk melindungi produk dari kerusakan, menjaga kualitas produk, dan menyampaikan informasi tentang produk kepada konsumen.

Kemasan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu kemasan primer, kemasan sekunder, dan kemasan tersier. Kemasan primer adalah kemasan yang langsung bersentuhan dengan produk.

Pengertian Kemasan Primer

Kemasan primer adalah kemasan yang langsung bersentuhan dengan produk. Kemasan primer berfungsi untuk melindungi produk dari kerusakan fisik, kimiawi, dan biologis. Selain itu, kemasan primer juga berfungsi untuk menjaga kualitas produk dan menyampaikan informasi tentang produk kepada konsumen.

Contoh Kemasan Primer

Berikut adalah beberapa contoh kemasan primer:

  • Bungkus makanan, seperti bungkus mi instan, bungkus keripik, bungkus permen, dan bungkus minuman.
  • Botol minuman, seperti botol air mineral, botol minuman bersoda, dan botol minuman jus.
  • Kaleng makanan, seperti kaleng susu, kaleng sarden, dan kaleng buah kaleng.
  • Ampul obat, seperti ampul antibiotik dan ampul vitamin.

Fungsi Kemasan Primer

Fungsi kemasan primer adalah sebagai berikut:

  • Melindungi produk

Kemasan primer berfungsi untuk melindungi produk dari kerusakan fisik, kimiawi, dan biologis. Kemasan primer harus kuat dan tahan terhadap benturan, gesekan, dan perubahan suhu. Selain itu, kemasan primer juga harus kedap air, kedap udara, dan kedap cahaya.

  • Menjaga kualitas produk

Kemasan primer berfungsi untuk menjaga kualitas produk agar tetap baik selama masa penyimpanan dan masa konsumsi. Kemasan primer harus dapat melindungi produk dari kontaminasi bakteri, jamur, dan kotoran lainnya.

  • Menyampaikan informasi tentang produk

Kemasan primer berfungsi untuk menyampaikan informasi tentang produk kepada konsumen. Informasi yang biasanya tercantum pada kemasan primer antara lain nama produk, komposisi produk, berat produk, tanggal kadaluarsa, dan cara penggunaan produk.

Kesimpulan

Kemasan primer adalah kemasan yang langsung bersentuhan dengan produk. Kemasan primer memiliki fungsi penting untuk melindungi produk, menjaga kualitas produk, dan menyampaikan informasi tentang produk kepada konsumen.