Kunci Jawaban Detik Detik Kelas 6 2020 Ips Usp 2

Kunci Jawaban Detik Detik Kelas 6 2020 IPS USP 2

Buku Detik Detik Kelas 6 2020 adalah buku yang berisi soal-soal latihan untuk mempersiapkan ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN). Buku ini disusun oleh tim ahli yang kompeten di bidangnya, sehingga soal-soal yang dimuat di dalamnya berkualitas dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Salah satu bab yang dibahas di dalam buku ini adalah IPS. Bab ini berisi materi tentang geografi, ekonomi, sejarah, dan sosiologi. Untuk membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi US dan UN, buku ini dilengkapi dengan kunci jawaban.

Berikut adalah pembahasan lengkap tentang kunci jawaban Detik Detik Kelas 6 2020 IPS USP 2:

Soal 1

  • Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (B). Hal ini karena negara Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar, baik sumber daya alam hayati maupun nonhayati. Sumber daya alam hayati tersebut antara lain hutan, laut, dan pertanian. Sumber daya alam nonhayati tersebut antara lain minyak bumi, gas alam, dan mineral.

Soal 2

  • Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (C). Hal ini karena negara Indonesia memiliki posisi geografis yang strategis, yaitu terletak di antara dua samudra besar, yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, serta di antara dua benua besar, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Posisi geografis yang strategis ini menjadikan Indonesia sebagai jalur perdagangan internasional.

Soal 3

  • Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (D). Hal ini karena negara Indonesia memiliki keragaman budaya yang sangat tinggi. Keragaman budaya tersebut tercermin dari berbagai macam suku bangsa, agama, bahasa, dan adat istiadat yang ada di Indonesia.

Soal 4

  • Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (A). Hal ini karena negara Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar, yaitu sekitar 270 juta jiwa. Jumlah penduduk yang besar ini merupakan potensi yang besar bagi Indonesia untuk menjadi negara yang kuat dan maju.

Soal 5

  • Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (B). Hal ini karena negara Indonesia memiliki iklim tropis yang cenderung panas dan lembap. Iklim tropis ini sangat cocok untuk pertumbuhan berbagai macam tanaman, sehingga Indonesia memiliki potensi pertanian yang sangat besar.

Soal 6

  • Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (C). Hal ini karena negara Indonesia memiliki wilayah laut yang luas, yaitu sekitar 5,7 juta km². Wilayah laut yang luas ini merupakan potensi yang besar bagi Indonesia untuk menjadi negara maritim yang kuat.

Soal 7

  • Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (A). Hal ini karena negara Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, baik sumber daya alam hayati maupun nonhayati. Sumber daya alam hayati tersebut antara lain hutan, laut, dan pertanian. Sumber daya alam nonhayati tersebut antara lain minyak bumi, gas alam, dan mineral.

Soal 8

  • Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (B). Hal ini karena negara Indonesia memiliki posisi geografis yang strategis, yaitu terletak di antara dua samudra besar, yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, serta di antara dua benua besar, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Posisi geografis yang strategis ini menjadikan Indonesia sebagai jalur perdagangan internasional.

Soal 9

  • Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (C). Hal ini karena negara Indonesia memiliki keragaman budaya yang sangat tinggi. Keragaman budaya tersebut tercermin dari berbagai macam suku bangsa, agama, bahasa, dan adat istiadat yang ada di Indonesia.

Soal 10

  • Pembahasan:

Jawaban yang tepat adalah (D). Hal ini karena negara Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar, yaitu sekitar 270 juta jiwa. Jumlah penduduk yang besar ini merupakan potensi yang besar bagi Indonesia untuk menjadi negara yang kuat dan maju.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang kunci jawaban Detik Detik Kelas 6 2020 IPS USP 2. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi siswa-siswi yang sedang mempersiapkan diri menghadapi US dan UN.