Minggu , Juni 23 2024

Kunci Jawaban Detik Detik Sd 2020 Ips Hal 261

Kunci Jawaban Detik Detik Sd 2020 Ips Hal 261

Pada halaman 261 buku Detik Detik Sd 2020 Ips, terdapat beberapa soal yang membahas tentang pembangunan infrastruktur di Indonesia pada masa pemerintahan Orde Baru. Berikut adalah pembahasan lengkap dari soal-soal tersebut:

Soal 1

Pada masa pemerintahan Orde Baru, pemerintah melakukan pembangunan infrastruktur secara intensif. Tujuan dari pembangunan infrastruktur tersebut adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan ketahanan pangan.

Pembahasan

Pembangunan infrastruktur yang intensif pada masa pemerintahan Orde Baru bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan ketahanan pangan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pembangunan berbagai macam infrastruktur, seperti:

  • Pembangunan jalan raya, jembatan, dan bandara untuk mendukung kegiatan transportasi dan mobilitas masyarakat.
  • Pembangunan pelabuhan, terminal, dan gudang untuk mendukung kegiatan perdagangan dan ekspor-impor.
  • Pembangunan waduk, bendungan, dan irigasi untuk mendukung kegiatan pertanian dan perkebunan.
  • Pembangunan pembangkit listrik untuk mendukung kegiatan industri dan rumah tangga.

Pembangunan infrastruktur tersebut telah memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan ketahanan pangan di Indonesia.

Soal 2

Salah satu contoh pembangunan infrastruktur di bidang transportasi pada masa pemerintahan Orde Baru adalah pembangunan jalan tol Trans Jawa. Jalan tol Trans Jawa adalah jaringan jalan tol yang membentang sepanjang 960 kilometer dari Merak di ujung barat Pulau Jawa hingga Banyuwangi di ujung timur Pulau Jawa. Pembangunan jalan tol Trans Jawa dimulai pada tahun 2005 dan selesai pada tahun 2018.

Pembahasan

Pembangunan jalan tol Trans Jawa merupakan salah satu proyek infrastruktur terbesar di Indonesia. Pembangunan jalan tol ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah di Pulau Jawa, memperlancar arus transportasi, dan mengurangi biaya logistik.

Jalan tol Trans Jawa telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya volume perdagangan antar wilayah di Pulau Jawa, berkurangnya waktu tempuh perjalanan, dan menurunnya biaya logistik.

Soal 3

Salah satu contoh pembangunan infrastruktur di bidang pertanian pada masa pemerintahan Orde Baru adalah pembangunan irigasi. Pembangunan irigasi bertujuan untuk menyediakan air bagi lahan pertanian. Pada masa pemerintahan Orde Baru, pemerintah telah membangun berbagai macam irigasi, seperti irigasi tadah hujan, irigasi setengah teknis, dan irigasi teknis.

Pembahasan

Pembangunan irigasi telah memberikan dampak positif terhadap sektor pertanian di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya produksi pertanian, meningkatnya pendapatan petani, dan berkurangnya ketergantungan petani terhadap curah hujan.

Soal 4

Pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru telah memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan ketahanan pangan di Indonesia. Namun, pembangunan infrastruktur tersebut juga menimbulkan dampak negatif, seperti:

  • Meningkatnya kesenjangan antar wilayah.
  • Meningkatnya kerusakan lingkungan.
  • Meningkatnya biaya pembangunan.

Pembahasan

Dampak negatif pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru dapat diminimalisir dengan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang lebih baik. Pemerintah perlu memperhatikan aspek-aspek kesenjangan antar wilayah, kerusakan lingkungan, dan biaya pembangunan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur.