Kunci Jawaban Detik Detik Sd 2020 Ips Halaman 261

Kunci Jawaban Detik Detik Sd 2020 Ips Halaman 261

Buku Detik Detik Sd 2020 merupakan salah satu buku persiapan ujian sekolah yang banyak digunakan oleh siswa-siswa kelas 6 SD. Buku ini berisi kumpulan soal-soal ujian yang disusun berdasarkan materi pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan pembahasan yang dapat membantu siswa memahami materi pelajaran dan menyelesaikan soal-soal ujian.

Pada halaman 261, buku Detik Detik Sd 2020 memuat soal-soal tentang pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru. Soal-soal tersebut terdiri dari pilihan ganda, isian, dan uraian.

Berikut adalah pembahasan lengkap tentang Kunci Jawaban Detik Detik Sd 2020 Ips Halaman 261:

Soal Pilihan Ganda

  1. Berikut ini adalah pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru, kecuali ….

A. pembangunan jalan raya
B. pembangunan jembatan
C. pembangunan bendungan
D. pembangunan industri

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Pada masa pemerintahan Orde Baru, pemerintah melakukan pembangunan di berbagai bidang, termasuk infrastruktur. Pembangunan infrastruktur yang dilakukan meliputi pembangunan jalan raya, jembatan, bendungan, dan irigasi. Pembangunan industri tidak termasuk dalam pembangunan infrastruktur.

  1. Tujuan pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru adalah ….

A. meningkatkan pertumbuhan ekonomi
B. meningkatkan kesejahteraan masyarakat
C. meningkatkan ketahanan pangan
D. semua jawaban benar

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan ketahanan pangan.

  1. Pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru berdampak positif terhadap ….

A. pertumbuhan ekonomi
B. kesejahteraan masyarakat
C. ketahanan pangan
D. semua jawaban benar

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan ketahanan pangan.

Soal Isian

  1. Salah satu pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru yang terkenal adalah ….

Kunci Jawaban: Jembatan Suramadu

Pembahasan:

Jembatan Suramadu merupakan jembatan yang menghubungkan Pulau Madura dengan Pulau Jawa. Jembatan ini merupakan salah satu pembangunan infrastruktur yang paling terkenal pada masa pemerintahan Orde Baru.

  1. Pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru berpengaruh terhadap ….

Kunci Jawaban: mobilitas penduduk

Pembahasan:

Pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru, seperti pembangunan jalan raya dan jembatan, berpengaruh terhadap mobilitas penduduk. Mobilitas penduduk meningkat karena pembangunan infrastruktur tersebut mempermudah dan mempercepat perjalanan orang dari satu tempat ke tempat lain.

Soal Uraian

  1. Jelaskan dampak pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru terhadap pertumbuhan ekonomi!

Pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Pembangunan infrastruktur tersebut meningkatkan daya dukung ekonomi, seperti peningkatan aksesibilitas, peningkatan produktivitas, dan penurunan biaya produksi.

Peningkatan aksesibilitas dapat meningkatkan mobilitas barang dan jasa, sehingga dapat meningkatkan permintaan dan produksi. Peningkatan produktivitas dapat meningkatkan output per unit input, sehingga dapat menurunkan biaya produksi. Penurunan biaya produksi dapat meningkatkan daya saing produk, sehingga dapat meningkatkan ekspor.

Secara keseluruhan, pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan daya dukung ekonomi.

  1. Jelaskan dampak pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru terhadap kesejahteraan masyarakat!

Pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat. Pembangunan infrastruktur tersebut meningkatkan aksesibilitas, meningkatkan produktivitas, dan menurunkan biaya produksi.

Peningkatan aksesibilitas dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap barang dan jasa, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peningkatan produktivitas dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penurunan biaya produksi dapat menurunkan harga barang dan jasa, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Secara keseluruhan, pembangunan infrastruktur pada masa pemerintahan Orde Baru dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan aksesibilitas, produktivitas, dan penurunan biaya produksi.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang Kunci Jawaban Detik Detik Sd 2020 Ips Halaman 261. Semoga pembahasan ini dapat membantu siswa-siswa kelas 6 SD dalam memahami materi pelajaran IPS dan mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah.