Selasa , Februari 27 2024

Kunci Jawaban Uabn Mdta 2020

Kunci Jawaban UAMBN MDTA 2020

Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) merupakan ujian yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan madrasah. UAMBN dilaksanakan secara nasional untuk semua madrasah, baik madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs), maupun madrasah aliyah (MA).

Pada tahun 2020, UAMBN dilaksanakan pada tanggal 20-21 April 2020. Mata pelajaran yang diujikan pada UAMBN MDTA 2020 adalah sebagai berikut:

  • Al-Qur’an Hadits
  • Fikih
  • SKI

Kunci jawaban UAMBN MDTA 2020 telah diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kunci jawaban ini dapat digunakan sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil jawaban peserta didik.

Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang kunci jawaban UAMBN MDTA 2020:

Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits

Soal 1

Perhatikan hadis berikut!

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا

(HR. Bukhari)

Artinya:

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.”

Jawaban:

(C) 10

Penjelasan:

Hadis di atas menjelaskan bahwa orang yang bershalawat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.

Soal 2

Perhatikan ayat berikut!

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

(QS. Al-Isra’: 32)

Artinya:

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.

Jawaban:

(A) Zina adalah perbuatan yang mendekati kemaksiatan

Penjelasan:

Ayat di atas menjelaskan bahwa zina adalah perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. Oleh karena itu, zina termasuk perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Soal 3

Perhatikan hadis berikut!

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ قَالَ مَنْ عَادَى لِي وَلِيًّا فَقَدْ آذَانِي وَمَنْ آذَانِي فَقَدْ عَصَانِي وَمَنْ عَصَانِي فَإِنَّهُ يَدْخُلُ النَّارَ

(HR. Bukhari)

Artinya:

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla berfirman, ‘Barangsiapa memusuhi wali-Ku, maka sungguh ia telah menyakiti Aku, dan barangsiapa menyakiti Aku, maka sungguh ia telah durhaka kepada-Ku, dan barangsiapa durhaka kepada-Ku, maka ia pasti masuk neraka.”

Jawaban:

(B) Orang yang menyakiti wali Allah akan masuk neraka

Penjelasan