Makna Kata Terkontaminasi Pada Paragraf Tersebut Adalah

Makna Kata Terkontaminasi Pada Paragraf Tersebut Adalah

Kata "terkontaminasi" dalam bahasa Indonesia memiliki arti "tercemar" atau "tercampur dengan zat lain yang tidak diinginkan". Kata ini berasal dari bahasa Inggris "contaminated", yang memiliki arti yang sama.

Dalam konteks paragraf, kata "terkontaminasi" dapat memiliki arti yang berbeda-beda, tergantung pada konteks paragraf tersebut. Berikut adalah beberapa kemungkinan makna kata "terkontaminasi" pada paragraf:

  • Tercemar oleh zat berbahaya

Jika paragraf tersebut membahas tentang lingkungan, maka kata "terkontaminasi" dapat berarti tercemar oleh zat berbahaya, seperti limbah industri, limbah rumah tangga, atau zat radioaktif. Misalnya, paragraf tersebut membahas tentang sungai yang tercemar oleh limbah pabrik.

  • Tercampur dengan zat lain yang tidak diinginkan

Jika paragraf tersebut membahas tentang makanan, maka kata "terkontaminasi" dapat berarti tercampur dengan zat lain yang tidak diinginkan, seperti bakteri, virus, atau zat kimia. Misalnya, paragraf tersebut membahas tentang makanan yang terkontaminasi oleh bakteri E. coli.

  • Tercampur dengan hal-hal yang tidak sesuai

Jika paragraf tersebut membahas tentang nilai-nilai atau budaya, maka kata "terkontaminasi" dapat berarti tercampur dengan hal-hal yang tidak sesuai, seperti nilai-nilai asing atau budaya yang tidak sesuai dengan budaya lokal. Misalnya, paragraf tersebut membahas tentang budaya lokal yang terkontaminasi oleh budaya asing.

Untuk menentukan makna kata "terkontaminasi" pada paragraf, kita perlu memahami konteks paragraf tersebut. Jika konteks paragraf tersebut tidak jelas, maka kita perlu mencari informasi tambahan untuk dapat menentukan makna kata tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata "terkontaminasi" dalam paragraf:

  • Limbah pabrik yang dibuang ke sungai telah menyebabkan sungai tersebut tercemar.
  • Makanan yang terkontaminasi oleh bakteri E. coli dapat menyebabkan keracunan makanan.
  • Budaya lokal yang terkontaminasi oleh budaya asing dapat kehilangan identitasnya.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang makna kata "terkontaminasi" pada paragraf.