Selasa , Februari 27 2024
Breaking News

Megawati Soekarnoputri Saudara Kandung

Megawati Soekarnoputri dan Saudara Kandungnya

Megawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke-5 yang menjabat dari tahun 2001 hingga 2004. Ia merupakan anak dari Presiden Indonesia pertama, Soekarno, dan Fatmawati. Megawati memiliki empat orang saudara kandung, yaitu Guntur Soekarnoputra, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Guntur Soekarnoputra

Guntur Soekarnoputra adalah kakak tertua Megawati. Ia lahir pada tanggal 11 Maret 1941. Guntur mengikuti jejak ayahnya menjadi politikus. Ia pernah menjabat sebagai anggota DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Guntur juga pernah menjadi Wali Kota Jakarta Selatan pada periode 2004-2008.

Rachmawati Soekarnoputri

Rachmawati Soekarnoputri adalah adik Megawati. Ia lahir pada tanggal 27 September 1950. Rachmawati juga aktif di dunia politik. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) pada periode 2009-2013. Rachmawati juga pernah menjadi pendiri Universitas Bung Karno.

Sukmawati Soekarnoputri

Sukmawati Soekarnoputri adalah adik Megawati. Ia lahir pada tanggal 23 Januari 1953. Sukmawati juga aktif di dunia politik. Ia pernah menjabat sebagai anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada periode 1999-2004. Sukmawati juga dikenal sebagai seorang penyanyi dan seniman.

Guruh Soekarnoputra

Guruh Soekarnoputra adalah adik bungsu Megawati. Ia lahir pada tanggal 11 Januari 1954. Guruh juga aktif di dunia politik. Ia pernah menjabat sebagai anggota DPR RI dari PDIP pada periode 1999-2004. Guruh juga dikenal sebagai seorang pengusaha dan musisi.

Hubungan Megawati dengan Saudara Kandungnya

Megawati memiliki hubungan yang cukup dekat dengan saudara-saudara kandungnya. Mereka sering berkumpul bersama dalam berbagai kesempatan, baik pribadi maupun formal. Megawati juga sering memberikan dukungan kepada saudara-saudaranya dalam berbagai kegiatan politik dan sosial.

Namun, hubungan Megawati dengan saudara-saudaranya juga pernah mengalami beberapa gejolak. Pada tahun 2004, Megawati memutuskan untuk tidak mencalonkan diri kembali sebagai presiden. Hal ini menyebabkan kekecewaan dari beberapa pihak, termasuk saudara-saudaranya. Rachmawati Soekarnoputri bahkan sempat mendeklarasikan diri sebagai calon presiden untuk menggantikan Megawati.

Meskipun sempat mengalami gejolak, hubungan Megawati dengan saudara-saudaranya tetap terjalin dengan baik. Mereka tetap saling menghormati dan mendukung satu sama lain.

Penutup

Megawati Soekarnoputri dan saudara-saudara kandungnya adalah tokoh-tokoh penting dalam sejarah Indonesia. Mereka merupakan anak dari Presiden Indonesia pertama, Soekarno. Megawati dan saudara-saudaranya telah memberikan kontribusi besar bagi perkembangan Indonesia di berbagai bidang.