Post Test Modul 1 Merdeka Belajar

Post Test Modul 1 Merdeka Belajar: Pembahasan Lengkap

Merdeka Belajar adalah sebuah program transformasi pendidikan yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2020. Program ini bertujuan untuk memberikan keleluasaan dan kemerdekaan kepada pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Salah satu upaya untuk mewujudkan program Merdeka Belajar adalah dengan memberikan pelatihan kepada pendidik. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik dalam menerapkan Merdeka Belajar di kelas.

Salah satu materi pelatihan Merdeka Belajar adalah modul 1 yang berjudul "Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik". Modul ini membahas tentang pentingnya pendidik untuk mengenali dan memahami diri sendiri, baik dari segi pribadi, profesional, maupun sosial.

Setelah mengikuti pelatihan modul 1, pendidik akan diuji pengetahuannya dengan mengerjakan soal post test. Soal post test ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 5 soal esai.

Pembahasan Soal Post Test Modul 1

Berikut ini adalah pembahasan soal post test modul 1 Merdeka Belajar:

Soal Pilihan Ganda

  1. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah pembelajaran yang

(A) berfokus pada guru
(B) berfokus pada materi
(C) berfokus pada peserta didik
(D) berfokus pada lingkungan

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah (C). Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai subjek pembelajaran. Dalam pembelajaran ini, peserta didiklah yang menjadi pusat perhatian dan kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memenuhi kebutuhan belajar mereka.

  1. Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh pendidik dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah

(A) memberikan materi secara lisan
(B) memberikan materi secara tertulis
(C) memfasilitasi peserta didik untuk belajar
(D) mengarahkan peserta didik untuk belajar

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah (C). Dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, pendidik berperan sebagai fasilitator. Pendidik bertugas untuk menyediakan lingkungan belajar yang kondusif dan memberikan dukungan kepada peserta didik untuk belajar.

  1. Salah satu manfaat pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah

(A) peserta didik menjadi lebih pasif
(B) peserta didik menjadi lebih mandiri
(C) peserta didik menjadi lebih bergantung pada guru
(D) peserta didik menjadi lebih kreatif

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah (B). Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dapat mendorong peserta didik untuk menjadi lebih mandiri dalam belajar. Peserta didik didorong untuk menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan.

  1. Salah satu karakteristik pendidik yang berorientasi pada Merdeka Belajar adalah

(A) memiliki pengetahuan yang luas
(B) memiliki keterampilan yang tinggi
(C) memiliki sikap yang positif
(D) memiliki kepribadian yang kuat

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah (C). Pendidik yang berorientasi pada Merdeka Belajar memiliki sikap yang positif terhadap pembelajaran. Mereka percaya bahwa setiap peserta didik memiliki potensi untuk berkembang.

  1. Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka adalah

(A) memberikan materi pelajaran secara langsung
(B) memberikan tugas-tugas yang sulit
(C) memberikan kesempatan kepada murid untuk belajar sesuai minat dan bakat
(D) memberikan hukuman kepada murid yang tidak mengikuti pelajaran

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah (C). Pendidik dapat menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar sesuai minat dan bakat. Hal ini akan membantu murid untuk mengembangkan potensi diri mereka secara optimal.

Soal Esai

  1. Jelaskan kaitan antara pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan Merdeka Belajar!

Pembahasan: Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah salah satu pilar utama dari Merdeka Belajar. Pembelajaran ini menempatkan peserta didik sebagai subjek pembelajaran. Dalam pembelajaran ini, peserta didiklah yang menjadi pusat perhatian dan kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memenuhi kebutuhan belajar mereka.

Kaitannya dengan Merdeka Belajar, pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dapat membantu mewujudkan tujuan Merdeka Belajar, yaitu:

  • Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
  • Mendorong kemandirian belajar peserta didik
  • Menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik
  • Memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk mengajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik
  1. Berikan contoh kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka!

Pembahasan: Berikut adalah contoh kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka:

  • Melakukan pembelajaran berbasis proyek

About

Check Also

Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma Kamaa Rabbayani Saghira: Doa Penting untuk Kedua Orang Tua

Doa adalah salah satu ibadah yang paling dianjurkan dalam Islam. Doa dapat dilakukan kapan saja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *