Rpp Kelas Rangkap Model 222 K13

Rpp Kelas Rangkap Model 222 K13

Pembelajaran kelas rangkap (PKR) adalah pembelajaran yang dilaksanakan di dalam satu ruang kelas yang sama dengan dua atau tiga tingkat kelas yang berbeda. PKR merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang efektif untuk diterapkan di sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil atau daerah dengan jumlah penduduk yang sedikit.

Salah satu model PKR yang sering digunakan adalah model 222. Model 222 adalah model PKR yang terdiri dari dua kelas paralel yang sama tingkatannya. Dalam model ini, guru mengajar dua kelas secara bergantian dalam satu waktu.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas rangkap model 222 K13

RPP kelas rangkap model 222 K13 disusun dengan mengikuti format RPP K13 yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPP kelas rangkap model 222 K13, yaitu:

  • Kegiatan pembelajaran

Kegiatan pembelajaran dalam RPP kelas rangkap model 222 K13 harus disusun secara bergantian antara dua kelas. Guru harus memastikan bahwa kedua kelas dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

  • Media pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan karakteristik kedua kelas. Guru harus memastikan bahwa media pembelajaran tersebut dapat dipahami oleh semua siswa.

  • Penilaian

Penilaian dalam RPP kelas rangkap model 222 K13 harus dilakukan secara terpisah untuk masing-masing kelas. Guru harus memastikan bahwa penilaian tersebut dapat mengukur hasil belajar siswa secara objektif.

Berikut ini adalah contoh RPP kelas rangkap model 222 K13:

Satuan Pendidikan

SD Negeri 1 Tarogong Kaler

Kelas

IV dan V

Semester

Ganjil

Materi Pelajaran

Bahasa Indonesia

Tema

Kebersihan Lingkungan

Sub Tema

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Alokasi Waktu

1 x 35 menit

Kompetensi Inti

  • KI-1: Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
  • KI-2: Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
  • KI-3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan dalam bahasa yang jelas dan logis
  • KI-4: Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, dan kolaboratif dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar

  • 3.1 Mencermati kosakata dan ungkapan tentang lingkungan dalam teks nonfiksi
  • 4.1 Menyajikan kosakata dan ungkapan tentang lingkungan dalam bentuk teks nonfiksi

Tujuan Pembelajaran

  • Melalui kegiatan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kosakata dan ungkapan tentang lingkungan dengan tepat.
  • Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan makna kosakata dan ungkapan tentang lingkungan dengan tepat.
  • Melalui kegiatan menulis, siswa dapat menyajikan kosakata dan ungkapan tentang lingkungan dalam bentuk teks nonfiksi dengan tepat.

Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan 1

  • Guru menunjukkan gambar tentang lingkungan.
  • Siswa mengamati gambar tersebut.
  • Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang gambar tersebut.

Kegiatan 2

  • Guru menjelaskan makna kosakata dan ungkapan tentang lingkungan yang terdapat dalam gambar.
  • Siswa mencatat penjelasan guru.

Kegiatan 3

  • Siswa dibagi menjadi dua kelompok.
  • Setiap kelompok berdiskusi untuk menjelaskan makna kosakata dan ungkapan tentang lingkungan yang terdapat dalam gambar.

Kegiatan 4

  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
  • Siswa lain menyimak dan memberikan tanggapan.

Kegiatan 5

  • Siswa menuliskan kosakata dan ungkapan tentang lingkungan dalam bentuk teks nonfiksi.

Penilaian

  • Penilaian sikap: Observasi selama kegiatan pembelajaran
  • Penilaian pengetahuan: Tes tertulis
  • Penilaian keterampilan: Presentasi

Media Pembelajaran

  • Gambar tentang lingkungan
  • Lembar kerja

Sumber Belajar

  • Buku siswa tema 5 kelas IV dan V
  • Lingkungan sekitar

Demikianlah pembahasan tentang RPP kelas rangkap model 222 K

Check Also

ekonomi kreatif Bandung

Perkembangan Ekonomi Kreatif di Kota Bandung

Kota Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki potensi besar dalam bidang ekonomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *