Rpp Kelas Rangkap Model 222 K13
Pembelajaran kelas rangkap (PKR) adalah pembelajaran yang dilaksanakan di dalam satu ruang kelas yang sama dengan dua atau tiga tingkat kelas yang berbeda. PKR merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang efektif untuk diterapkan di sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil atau daerah dengan jumlah penduduk yang sedikit.
Salah satu model PKR yang sering digunakan adalah model 222. Model 222 adalah model PKR yang terdiri dari dua kelas paralel yang sama tingkatannya. Dalam model ini, guru mengajar dua kelas secara bergantian dalam satu waktu.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas rangkap model 222 K13
RPP kelas rangkap model 222 K13 disusun dengan mengikuti format RPP K13 yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPP kelas rangkap model 222 K13, yaitu:
- Kegiatan pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dalam RPP kelas rangkap model 222 K13 harus disusun secara bergantian antara dua kelas. Guru harus memastikan bahwa kedua kelas dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
- Media pembelajaran
Media pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan karakteristik kedua kelas. Guru harus memastikan bahwa media pembelajaran tersebut dapat dipahami oleh semua siswa.
- Penilaian
Penilaian dalam RPP kelas rangkap model 222 K13 harus dilakukan secara terpisah untuk masing-masing kelas. Guru harus memastikan bahwa penilaian tersebut dapat mengukur hasil belajar siswa secara objektif.
Berikut ini adalah contoh RPP kelas rangkap model 222 K13:
Satuan Pendidikan
SD Negeri 1 Tarogong Kaler
Kelas
IV dan V
Semester
Ganjil
Materi Pelajaran
Bahasa Indonesia
Tema
Kebersihan Lingkungan
Sub Tema
Menjaga Kebersihan Lingkungan
Alokasi Waktu
1 x 35 menit
Kompetensi Inti
- KI-1: Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
- KI-2: Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
- KI-3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan dalam bahasa yang jelas dan logis
- KI-4: Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, dan kolaboratif dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
- 3.1 Mencermati kosakata dan ungkapan tentang lingkungan dalam teks nonfiksi
- 4.1 Menyajikan kosakata dan ungkapan tentang lingkungan dalam bentuk teks nonfiksi
Tujuan Pembelajaran
- Melalui kegiatan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kosakata dan ungkapan tentang lingkungan dengan tepat.
- Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan makna kosakata dan ungkapan tentang lingkungan dengan tepat.
- Melalui kegiatan menulis, siswa dapat menyajikan kosakata dan ungkapan tentang lingkungan dalam bentuk teks nonfiksi dengan tepat.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan 1
- Guru menunjukkan gambar tentang lingkungan.
- Siswa mengamati gambar tersebut.
- Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang gambar tersebut.
Kegiatan 2
- Guru menjelaskan makna kosakata dan ungkapan tentang lingkungan yang terdapat dalam gambar.
- Siswa mencatat penjelasan guru.
Kegiatan 3
- Siswa dibagi menjadi dua kelompok.
- Setiap kelompok berdiskusi untuk menjelaskan makna kosakata dan ungkapan tentang lingkungan yang terdapat dalam gambar.
Kegiatan 4
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
- Siswa lain menyimak dan memberikan tanggapan.
Kegiatan 5
- Siswa menuliskan kosakata dan ungkapan tentang lingkungan dalam bentuk teks nonfiksi.
Penilaian
- Penilaian sikap: Observasi selama kegiatan pembelajaran
- Penilaian pengetahuan: Tes tertulis
- Penilaian keterampilan: Presentasi
Media Pembelajaran
- Gambar tentang lingkungan
- Lembar kerja
Sumber Belajar
- Buku siswa tema 5 kelas IV dan V
- Lingkungan sekitar
Demikianlah pembahasan tentang RPP kelas rangkap model 222 K