Seni Budaya Hal 169 Kelas 8

Seni Budaya Hal 169 Kelas 8: Mengenal Alat Musik Daerah

Buku Seni Budaya kelas 8 SMP/MTs halaman 169 membahas tentang alat musik daerah. Pada halaman ini, siswa diajak untuk mengenal berbagai jenis alat musik daerah di Indonesia, beserta cara memainkannya.

Jenis-Jenis Alat Musik Daerah

Alat musik daerah dapat dikelompokkan berdasarkan sumber bunyinya, yaitu:

  • Alat musik idiofoni adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bahan dasarnya. Contoh alat musik idiofoni adalah gong, bonang, dan saron.
  • Alat musik membranofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput yang ditegangkan. Contoh alat musik membranofon adalah gendang, rebana, dan kendang.
  • Alat musik aerofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari udara yang bergetar. Contoh alat musik aerofon adalah seruling, suling, dan saluang.
  • Alat musik kordofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai yang bergetar. Contoh alat musik kordofon adalah gitar, biola, dan kecapi.
  • Alat musik elektrofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tenaga listrik. Contoh alat musik elektrofon adalah piano elektrik, gitar elektrik, dan keyboard.

Cara Memainkan Alat Musik Daerah

Cara memainkan alat musik daerah dapat dibedakan berdasarkan jenisnya. Secara umum, cara memainkan alat musik idiofoni adalah dengan dipukul, ditabuh, atau digesek. Cara memainkan alat musik membranofon adalah dengan dipukul atau ditabuh. Cara memainkan alat musik aerofon adalah dengan ditiup. Cara memainkan alat musik kordofon adalah dengan dipetik atau digesek. Cara memainkan alat musik elektrofon adalah dengan menekan tuts atau menggunakan pedal.

Contoh Alat Musik Daerah

Berikut adalah beberapa contoh alat musik daerah beserta asal daerahnya:

Jenis Alat Musik Sumber Bunyi Asal Daerah
Angklung Idiofoni Jawa Barat
Gamelan Idiofoni, membranofon, kordofon Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali
Rebana Membranofon Jawa Barat, Sumatera Barat, Riau
Suling Aerofon Jawa Barat, Bali, Sulawesi Utara
Gitar Kordofon Eropa, Indonesia
Angklung Bambu Idiofoni Jawa Barat
Tifa Membranofon Papua
Sasando Kordofon Nusa Tenggara Timur

Pentingnya Melestarikan Alat Musik Daerah

Alat musik daerah merupakan bagian dari kekayaan budaya Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk melestarikan alat musik daerah agar tidak hilang ditelan zaman. Salah satu cara untuk melestarikan alat musik daerah adalah dengan mengajarkannya kepada generasi muda.

Selain itu, pemerintah juga perlu memberikan dukungan kepada para seniman dan pelestari alat musik daerah. Dukungan tersebut dapat berupa bantuan dana, sarana dan prasarana, serta pelatihan.

Dengan melestarikan alat musik daerah, kita telah ikut menjaga kekayaan budaya Indonesia.

dewahoki303 nagahoki303