Siapa Yg Terlibat Dalam Pembentukan Kampung Pancasila

Siapa Yang Terlibat Dalam Pembentukan Kampung Pancasila?

Kampung Pancasila merupakan program yang digagas oleh TNI Angkatan Darat yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila di masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan. Program ini dimulai pada tahun 2022 dan telah diimplementasikan di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam pembentukan Kampung Pancasila, terdapat beberapa pihak yang terlibat, yaitu:

  • Pemerintah

Pemerintah berperan penting dalam pembentukan Kampung Pancasila. Pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pemerintah desa bersinergi untuk mewujudkan program ini. Pemerintah pusat memberikan dukungan kebijakan, anggaran, dan sumber daya manusia. Pemerintah daerah menyediakan ruang dan fasilitas untuk pelaksanaan program. Pemerintah desa menjadi penggerak utama dalam pelaksanaan program di tingkat desa.

  • TNI Angkatan Darat

TNI Angkatan Darat menjadi motor penggerak dalam pelaksanaan program Kampung Pancasila. TNI Angkatan Darat memberikan bimbingan, pendampingan, dan pelatihan kepada masyarakat dalam penerapan nilai-nilai Pancasila. TNI Angkatan Darat juga berperan sebagai fasilitator dalam dialog dan diskusi antar masyarakat untuk membangun kerukunan dan toleransi.

  • Masyarakat

Masyarakat merupakan subjek utama dalam program Kampung Pancasila. Masyarakat berperan aktif dalam penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat juga berperan sebagai agen perubahan dalam menyebarkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat lainnya.

Kerjasama Antar Pihak

Pembentukan Kampung Pancasila memerlukan kerjasama yang baik antara berbagai pihak. Pemerintah, TNI Angkatan Darat, dan masyarakat harus saling bersinergi untuk mewujudkan tujuan program ini. Pemerintah memberikan dukungan kebijakan dan anggaran, TNI Angkatan Darat memberikan bimbingan dan pendampingan, dan masyarakat berperan aktif dalam penerapan nilai-nilai Pancasila.

Proses Pembentukan Kampung Pancasila

Proses pembentukan Kampung Pancasila dimulai dengan pemilihan desa yang memenuhi kriteria tertentu. Kriteria yang ditetapkan antara lain:

  • Desa memiliki keragaman agama, suku, dan ras.
  • Desa memiliki komitmen untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila.
  • Desa memiliki potensi untuk menjadi penggerak bagi desa-desa lainnya.

Setelah desa terpilih, dilakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang program Kampung Pancasila. Masyarakat diberikan pemahaman tentang pentingnya nilai-nilai Pancasila dan cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, dibentuk Tim Kampung Pancasila yang terdiri dari unsur pemerintah desa, TNI Angkatan Darat, dan masyarakat. Tim ini bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program Kampung Pancasila.

Program Kampung Pancasila dilaksanakan secara bertahap. Tahapan-tahapan tersebut antara lain:

  • Tahap awal

Pada tahap awal, dilakukan penguatan pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai Pancasila. Kegiatan yang dilakukan antara lain:

* Sosialisasi nilai-nilai Pancasila * Pelatihan penerapan nilai-nilai Pancasila * Dialog dan diskusi antar masyarakat 
  • Tahap lanjutan

Pada tahap lanjutan, dilakukan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan yang dilakukan antara lain:

* Pembentukan forum komunikasi antar umat beragama * Pelaksanaan kegiatan keagamaan secara bersama-sama * Kegiatan gotong royong lintas agama dan suku 
  • Tahap evaluasi

Pada tahap evaluasi, dilakukan penilaian terhadap pelaksanaan program Kampung Pancasila. Hasil evaluasi digunakan untuk perbaikan program ke depannya.

Manfaat Kampung Pancasila

Kampung Pancasila memiliki berbagai manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai Pancasila
  • Memperkuat kerukunan dan toleransi antar umat beragama
  • Membangun karakter masyarakat yang Pancasilais
  • Menciptakan suasana yang kondusif bagi pembangunan nasional

Kampung Pancasila merupakan program yang penting untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia. Program ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila di masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan.

dewahoki303 nagahoki303