Sistem Operasi Dan Aplikasi Dari Suatu Komputer Disebut Dengan Istilah

Sistem Operasi dan Aplikasi dari Suatu Komputer Disebut dengan Istilah Perangkat Lunak

Perangkat komputer terdiri dari dua bagian utama, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras adalah bagian fisik dari komputer, sedangkan perangkat lunak adalah bagian yang tidak terlihat dan tidak berwujud. Perangkat lunak merupakan program komputer yang berfungsi untuk menjalankan komputer dan memberikan berbagai fungsi sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Perangkat lunak dapat dikelompokkan berdasarkan fungsinya menjadi dua, yaitu sistem operasi dan aplikasi. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi. Aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu, seperti pengolah kata, pengolah angka, peramban web, dan sebagainya.

Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang paling dasar dan penting dalam suatu komputer. Sistem operasi bertugas untuk mengatur sumber daya perangkat keras, seperti memori, prosesor, dan perangkat input/output. Sistem operasi juga menyediakan antarmuka pengguna (user interface) yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer.

Jenis-jenis sistem operasi yang umum digunakan saat ini antara lain:

  • Microsoft Windows
  • macOS
  • Linux
  • Android
  • iOS

Aplikasi

Aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Aplikasi dapat dikelompokkan berdasarkan fungsinya menjadi berbagai kategori, seperti:

  • Aplikasi produktivitas, seperti pengolah kata, pengolah angka, dan presentasi
  • Aplikasi multimedia, seperti pemutar video, pemutar musik, dan editor foto
  • Aplikasi game
  • Aplikasi bisnis, seperti aplikasi akuntansi, aplikasi perkantoran, dan aplikasi e-commerce

Perangkat Lunak dari Suatu Komputer

Sistem operasi dan aplikasi merupakan dua komponen penting dari perangkat lunak suatu komputer. Sistem operasi merupakan komponen yang paling dasar dan penting, sedangkan aplikasi merupakan komponen yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Secara umum, sistem operasi dan aplikasi dari suatu komputer disebut dengan istilah perangkat lunak. Perangkat lunak merupakan program komputer yang berfungsi untuk menjalankan komputer dan memberikan berbagai fungsi sesuai dengan kebutuhan pengguna.