Soal Pkn Kelas 8 Bab 2 Beserta Jawabannya

Soal PKN Kelas 8 Bab 2 Beserta Jawabannya

Judul:Bentuk dan Kedaulatan Negara

Pertanyaan:

Jelaskan bentuk negara Indonesia dan kedaulatan negara Indonesia!

Jawaban:

Bentuk negara Indonesia adalah republic atau republik. Republik adalah bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh seorang presiden yang dipilih oleh rakyat melalui pemilu. Presiden merupakan kepala negara dan kepala pemerintahan sekaligus.

Kedaulatan negara Indonesia adalah kedaulatan rakyat. Kedaulatan rakyat berarti kekuasaan tertinggi dalam suatu negara berada di tangan rakyat. Rakyat memiliki hak untuk memilih dan melantik pemimpinnya, serta ikut serta dalam pemerintahan.

Penjelasan:

Bentuk negara Indonesia telah ditentukan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD NRI 1945), yaitu pada Pasal 1 ayat (1) UUD NRI 1945 yang berbunyi:

Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik.

Pasal ini menegaskan bahwa Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Negara kesatuan adalah negara yang memiliki satu pemerintahan pusat yang mengatur seluruh wilayah negara. Republik adalah bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh seorang presiden yang dipilih oleh rakyat melalui pemilu.

Kedaulatan negara Indonesia juga telah ditentukan dalam UUD NRI 1945, yaitu pada Pasal 1 ayat (2) UUD NRI 1945 yang berbunyi:

Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar.

Pasal ini menegaskan bahwa kedaulatan negara Indonesia berada di tangan rakyat. Rakyat memiliki hak untuk memilih dan melantik pemimpinnya, serta ikut serta dalam pemerintahan.

Contoh bentuk negara Indonesia:

  • Bentuk negara Indonesia adalah republik, artinya Indonesia dipimpin oleh seorang presiden yang dipilih oleh rakyat melalui pemilu.
  • Indonesia adalah negara kesatuan, artinya Indonesia memiliki satu pemerintahan pusat yang mengatur seluruh wilayah negara.
  • Kedaulatan negara Indonesia berada di tangan rakyat, artinya rakyat memiliki hak untuk memilih dan melantik pemimpinnya, serta ikut serta dalam pemerintahan.

Pembahasan:

Bentuk negara dan kedaulatan negara merupakan dua hal yang penting dalam suatu negara. Bentuk negara menentukan bagaimana suatu negara dipimpin, sedangkan kedaulatan negara menentukan kekuasaan tertinggi dalam suatu negara.

Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk republik. Hal ini berarti Indonesia dipimpin oleh seorang presiden yang dipilih oleh rakyat melalui pemilu. Rakyat juga memiliki hak untuk ikut serta dalam pemerintahan.