Soal Ujian Madrasah Diniyah Takmiliyah 2018

Soal Ujian Madrasah Diniyah Takmiliyah 2018

Ujian Madrasah Diniyah Takmiliyah (UADTA) merupakan ujian akhir yang dilaksanakan oleh Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan proses pembelajaran selama satu tahun. UADTA dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada bulan April.

Pada tahun 2018, UADTA dilaksanakan pada tanggal 9-12 April. Pelaksanaan UADTA dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi dilaksanakan pada pukul 08.00-12.00 WIB, sedangkan sesi siang dilaksanakan pada pukul 13.00-17.00 WIB.

Materi ujian UADTA meliputi tujuh mata pelajaran, yaitu:

  • Al-Qur’an
  • Hadits
  • Aqidah
  • Akhlak
  • Fiqih
  • Tarikh Islam
  • Bahasa Arab

Soal UADTA 2018 disusun oleh tim penyusun soal yang dibentuk oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Pusat. Soal-soal UADTA 2018 terdiri dari soal pilihan ganda, soal isian, dan soal uraian.

Analisis Soal UADTA 2018

Secara umum, soal UADTA 2018 disusun dengan baik dan sesuai dengan materi yang dipelajari di Madrasah Diniyah Takmiliyah. Soal-soal tersebut juga cukup bervariasi, mulai dari soal yang mudah hingga soal yang sulit.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan soal UADTA. Pertama, soal-soal UADTA sebaiknya disusun dengan mengacu pada kisi-kisi soal yang telah ditetapkan. Hal ini bertujuan agar soal-soal UADTA dapat mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara adil dan objektif.

Kedua, soal-soal UADTA sebaiknya disusun dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat memahami soal-soal UADTA dengan baik dan menjawabnya dengan benar.

Ketiga, soal-soal UADTA sebaiknya disusun dengan memperhatikan tingkat kesulitannya. Soal-soal UADTA sebaiknya disusun dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, mulai dari soal yang mudah hingga soal yang sulit. Hal ini bertujuan agar semua peserta didik memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan nilai yang baik.

Berikut adalah beberapa contoh soal UADTA 2018 beserta pembahasannya:

Soal

  • Jelaskan pengertian iman kepada hari akhir!

Pembahasan

Iman kepada hari akhir adalah percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa hari akhir akan terjadi. Hari akhir adalah hari di mana semua manusia akan dibangkitkan dari kuburnya untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di dunia.

Soal

  • Sebutkan lima syarat sah wudhu!

Pembahasan

Lima syarat sah wudhu adalah sebagai berikut:

  1. Berwudhu dengan air yang suci dan mensucikan.
  2. Berwudhu dengan niat.
  3. Mendahulukan membasuh wajah dari anggota wudhu lainnya.
  4. Membasuh wajah tiga kali.
  5. Membasuh kedua tangan hingga siku tiga kali.

Soal

  • Sebutkan tiga macam shalat sunnah!

Pembahasan

Ada tiga macam shalat sunnah, yaitu:

  1. Shalat sunnah muakkad, yaitu shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Contoh shalat sunnah muakkad adalah shalat sunnah sebelum dan sesudah shalat fardhu.
  2. Shalat sunnah ghairu muakkad, yaitu shalat sunnah yang tidak sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Contoh shalat sunnah ghairu muakkad adalah shalat sunnah rawatib, shalat sunnah tahiyatul masjid, dan shalat sunnah witir.
  3. Shalat sunnah mutlak, yaitu shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu mubah. Contoh shalat sunnah mutlak adalah shalat sunnah tahajud, shalat sunnah istikharah, dan shalat sunnah hajat.

Kesimpulan

Soal UADTA 2018 disusun dengan baik dan sesuai dengan materi yang dipelajari di Madrasah Diniyah Takmiliyah. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan soal UADTA, yaitu mengacu pada kisi-kisi soal, menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, serta menyusun soal dengan memperhatikan tingkat kesulitannya.