Breaking News

Teks Eksplanasi Ilmiah Disusun Menurut Prinsip

Teks Eksplanasi Ilmiah Disusun Menurut Prinsip

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa, baik fenomena alam maupun sosial. Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa yang bersifat ilmiah, seperti fenomena alam, proses fisika, kimia, biologi, dan sebagainya.

Teks eksplanasi ilmiah disusun menurut prinsip sebab-akibat. Artinya, teks eksplanasi ilmiah menjelaskan suatu fenomena atau peristiwa dengan menguraikan hubungan antara sebab dan akibat. Prinsip sebab-akibat ini dapat dilihat dari struktur teks eksplanasi ilmiah, yaitu:

  • Pernyataan umum

Pada bagian pernyataan umum, dijelaskan topik atau fenomena yang akan dijelaskan.

  • Penjelasan

Pada bagian penjelasan, dijelaskan proses terjadinya fenomena atau peristiwa yang dibahas. Penjelasan ini disusun secara runtut dan berurutan berdasarkan hubungan sebab-akibat.

  • Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan, ditegaskan kembali topik atau fenomena yang dibahas.

Berikut adalah contoh teks eksplanasi ilmiah yang disusun menurut prinsip sebab-akibat:

Topik: Proses Terjadinya Hujan

Pernyataan umum:

Hujan adalah salah satu fenomena alam yang terjadi secara alami. Hujan terjadi karena adanya proses penguapan air dari permukaan bumi. Air di permukaan bumi akan menguap karena terkena panas matahari. Uap air yang naik ke atmosfer akan mendingin dan terkondensasi menjadi awan. Awan yang mengandung uap air yang cukup banyak akan turun sebagai hujan.

Penjelasan:

Proses terjadinya hujan dapat dijelaskan secara lebih rinci sebagai berikut:

  • Proses penguapan

Proses penguapan adalah proses perubahan wujud air dari cair menjadi gas. Proses penguapan terjadi karena adanya panas dari matahari. Panas matahari akan menyebabkan molekul-molekul air di permukaan bumi bergerak semakin cepat. Gerakan molekul-molekul air yang semakin cepat ini akan menyebabkan sebagian molekul air terlepas dari permukaan bumi dan naik ke atmosfer.

  • Proses kondensasi

Proses kondensasi adalah proses perubahan wujud air dari gas menjadi cair. Proses kondensasi terjadi karena adanya penurunan suhu di atmosfer. Uap air yang naik ke atmosfer akan mendingin dan terkondensasi menjadi awan.

  • Proses presipitasi

Proses presipitasi adalah proses turunnya air dari atmosfer ke permukaan bumi. Awan yang mengandung uap air yang cukup banyak akan turun sebagai hujan. Hujan dapat berupa hujan gerimis, hujan sedang, atau hujan deras.

Kesimpulan:

Hujan adalah fenomena alam yang terjadi karena adanya proses penguapan, kondensasi, dan presipitasi. Proses-proses ini terjadi secara alami dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti suhu, kelembapan, dan angin.

Dalam menyusun teks eksplanasi ilmiah, perlu diperhatikan beberapa hal berikut:

  • Topik yang dibahas harus bersifat ilmiah

Pastikan topik yang dibahas dalam teks eksplanasi ilmiah adalah topik yang bersifat ilmiah, seperti fenomena alam, proses fisika, kimia, biologi, dan sebagainya.

  • Penjelasan harus disusun secara runtut dan berurutan

Penjelasan dalam teks eksplanasi ilmiah harus disusun secara runtut dan berurutan berdasarkan hubungan sebab-akibat.

  • Penggunaan bahasa harus tepat dan ilmiah

Gunakan bahasa yang tepat dan ilmiah dalam menyusun teks eksplanasi ilmiah. Hindari penggunaan bahasa yang tidak baku atau bahasa sehari-hari.

  • Dukungan data dan fakta

Dukung penjelasan dalam teks eksplanasi ilmiah dengan data dan fakta yang relevan. Data dan fakta ini dapat berupa hasil penelitian, pengamatan, atau pengukuran.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, teks eksplanasi ilmiah yang disusun akan menjadi teks yang berkualitas dan informatif.