Tugas Bahasa Indonesia Hal 230 Kelas 10

Tugas Bahasa Indonesia Hal 230 Kelas 10: Menulis Teks Biografi

Pada halaman 230 buku Bahasa Indonesia kelas 10, siswa diminta untuk menulis teks biografi. Tugas ini bertujuan untuk melatih siswa dalam memahami dan menulis teks biografi.

Teks biografi adalah teks yang berisi kisah hidup seseorang. Teks biografi dapat ditulis berdasarkan sudut pandang orang pertama (autobiografi) atau sudut pandang orang ketiga.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis teks biografi, yaitu:

  • Identitas tokoh

Identitas tokoh yang ditulis dalam teks biografi meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, pekerjaan, dan prestasi.

  • Latar belakang kehidupan

Latar belakang kehidupan tokoh meliputi kehidupan keluarga, lingkungan tempat tinggal, dan pengalaman-pengalaman yang dialami tokoh.

  • Peristiwa penting dalam kehidupan tokoh

Peristiwa penting dalam kehidupan tokoh meliputi peristiwa yang berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian tokoh, peristiwa yang menjadi tonggak keberhasilan tokoh, dan peristiwa yang menjadi pelajaran bagi pembaca.

  • Penutup

Penutup teks biografi dapat berupa kesimpulan tentang tokoh, pesan moral, atau harapan penulis terhadap tokoh.

Berikut adalah contoh teks biografi yang ditulis berdasarkan tugas pada halaman 230 buku Bahasa Indonesia kelas 10:

George Saa, Si Jenius dari Papua

George Saa, seorang anak laki-laki kelahiran Manokwari, Papua, pada tanggal 22 Januari 1986. George Saa dikenal sebagai seorang jenius karena prestasinya yang luar biasa di bidang sains.

George Saa lahir dari keluarga yang sederhana. Ayahnya bekerja sebagai nelayan dan ibunya bekerja sebagai petani. Sejak kecil, George Saa sudah menunjukkan ketertarikannya pada bidang sains. Ia sering menghabiskan waktunya untuk membaca buku-buku sains.

Ketertarikannya pada sains semakin meningkat ketika George Saa bersekolah di SMP Negeri 1 Manokwari. Ia sering mengikuti lomba-lomba sains dan meraih berbagai penghargaan.

Pada tahun 2004, George Saa mengikuti Olimpiade Fisika Internasional di Singapura dan meraih medali perunggu. Ia menjadi orang Indonesia pertama yang meraih medali di olimpiade sains internasional.

Prestasi George Saa tidak berhenti di situ. Pada tahun 2005, ia mengikuti Olimpiade Matematika Internasional di Turki dan meraih medali perunggu. Ia juga meraih medali emas pada Olimpiade Fisika Asia di Thailand pada tahun 2006.

Prestasi-prestasi George Saa telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Ia menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama anak-anak muda di Indonesia.

George Saa melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan meraih gelar Sarjana Teknik Fisika pada tahun 2010. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Teknologi Delft, Belanda, dan meraih gelar Master of Science pada tahun 2014.

Saat ini, George Saa bekerja sebagai peneliti di Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Ia juga aktif menulis buku dan memberikan seminar tentang sains.

George Saa adalah sosok yang inspiratif. Ia membuktikan bahwa dengan kerja keras dan tekad yang kuat, kita dapat meraih cita-cita kita.

Selain contoh teks biografi di atas, siswa juga dapat menulis teks biografi tentang tokoh lain yang mereka anggap inspiratif. Berikut adalah beberapa tips untuk menulis teks biografi yang baik:

  • Lakukan riset yang mendalam tentang tokoh yang akan Anda tulis.
  • Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
  • Buatlah teks biografi yang menarik dan informatif.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menulis teks biografi yang berkualitas.