Breaking News

Tugas Hal 230 Bahasa Indonesia Kelas 10

Tugas Hal 230 Bahasa Indonesia Kelas 10: Mendata Pokok-Pokok Informasi dalam Teks Biografi

Pada halaman 230 buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK edisi revisi 2017, terdapat tugas yang mengharuskan siswa untuk mendata pokok-pokok informasi dalam teks biografi. Tugas ini bertujuan untuk melatih siswa dalam memahami struktur teks biografi dan menganalisis informasi yang terkandung di dalamnya.

Teks biografi adalah teks yang berisi kisah perjalanan hidup seseorang. Teks biografi biasanya disusun berdasarkan urutan waktu, mulai dari masa kecil, masa remaja, masa dewasa, hingga masa tua. Dalam teks biografi, terdapat beberapa unsur penting yang perlu dianalisis, yaitu:

  • Identitas tokoh, yang meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, asal keluarga, pendidikan, dan prestasi.
  • Latar belakang kehidupan, yang meliputi kondisi keluarga, lingkungan tempat tinggal, dan peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan tokoh.
  • Peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan, yang meliputi peristiwa yang membentuk karakter tokoh, peristiwa yang memicu perubahan dalam hidup tokoh, dan peristiwa-peristiwa penting lainnya.
  • Nilai-nilai yang terkandung, yang meliputi nilai-nilai moral, nilai-nilai sosial, nilai-nilai agama, dan nilai-nilai lainnya.

Untuk menyelesaikan tugas mendata pokok-pokok informasi dalam teks biografi, siswa dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Bacalah teks biografi dengan cermat. Perhatikan unsur-unsur penting yang terdapat dalam teks biografi tersebut.
  2. Temukan pokok-pokok informasi dalam teks biografi. Pokok-pokok informasi adalah gagasan utama yang terdapat dalam setiap paragraf.
  3. Tuliskan pokok-pokok informasi dalam teks biografi pada tabel. Tabel dapat membantu siswa untuk mengorganisasikan informasi dengan lebih baik.

Berikut adalah contoh tabel yang dapat digunakan untuk mendata pokok-pokok informasi dalam teks biografi:

Kutipan Teks Pokok Informasi
"George Saa, lahir di Manokwari, Papua, pada tanggal 21 Juni 1986." Identitas tokoh
"Ayahnya, Nelce Saa, adalah seorang guru honorer. Ibunya, Maria Saroi, adalah seorang ibu rumah tangga." Latar belakang kehidupan
"Sejak kecil, George Saa sudah menyukai pelajaran fisika. Ia sering mengikuti lomba-lomba fisika di tingkat lokal dan nasional." Peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan
"Pada tahun 2004, George Saa meraih medali emas dalam Olimpiade Fisika Internasional di Singapura." Peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan
"Prestasi George Saa ini membuat namanya dikenal di seluruh Indonesia." Nilai-nilai yang terkandung

Berdasarkan tabel tersebut, dapat disimpulkan bahwa pokok-pokok informasi dalam teks biografi George Saa adalah sebagai berikut:

  • Identitas tokoh: George Saa, lahir di Manokwari, Papua, pada tanggal 21 Juni 1986.
  • Latar belakang kehidupan: Ayahnya adalah seorang guru honorer, ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Sejak kecil, George Saa sudah menyukai pelajaran fisika.
  • Peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan:
    • Sering mengikuti lomba-lomba fisika di tingkat lokal dan nasional.
    • Meraih medali emas dalam Olimpiade Fisika Internasional di Singapura pada tahun 2004.
  • Nilai-nilai yang terkandung:
    • Semangat belajar yang tinggi.
    • Prestasi yang membanggakan.
    • Kepedulian terhadap pendidikan.

Tugas mendata pokok-pokok informasi dalam teks biografi dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang struktur dan isi teks biografi. Tugas ini juga dapat melatih siswa untuk berpikir kritis dan analitis dalam memahami informasi yang terkandung dalam teks.