Breaking News

Tugas Mandiri 5.1 Pkn Kelas 11 Hal 151

Tugas Mandiri 5.1 PKN Kelas 11 Hal 151: Identifikasi Kasus Bernuansa Politik

Pada buku Pendidikan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 11 semester 2, terdapat tugas mandiri 5.1 yang membahas tentang identifikasi kasus bernuansa politik. Tugas ini bertujuan untuk melatih siswa dalam mengidentifikasi kasus bernuansa politik yang terjadi di lingkungan sekitar.

Soal Tugas Mandiri 5.1

Berikut adalah soal tugas mandiri 5.1:

Identifikasilah kasus-kasus bernuansa politik yang terjadi di lingkungan sekitarmu!

Pembahasan

Untuk mengerjakan tugas ini, siswa perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kasus bernuansa politik. Kasus bernuansa politik adalah kasus yang melibatkan kepentingan politik, baik itu kepentingan pemerintah, partai politik, maupun kepentingan masyarakat.

Berikut adalah beberapa contoh kasus bernuansa politik yang dapat diidentifikasi di lingkungan sekitar:

  • Pemilihan kepala daerah
  • Pemilihan umum
  • Demonstrasi
  • Ujaran kebencian
  • Korupsi

Untuk mengidentifikasi kasus bernuansa politik, siswa dapat menggunakan langkah-langkah berikut:

  1. Mengidentifikasi peristiwa atau kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar.
  2. Menentukan apakah peristiwa atau kejadian tersebut melibatkan kepentingan politik.
  3. Menganalisis peristiwa atau kejadian tersebut untuk mengetahui unsur-unsur politik yang terlibat.

Setelah mengidentifikasi kasus bernuansa politik, siswa dapat memberikan analisis terhadap kasus tersebut. Analisis tersebut dapat meliputi:

  • Urgensi kasus tersebut.
  • Dampak kasus tersebut terhadap masyarakat.
  • Solusi untuk menyelesaikan kasus tersebut.

Berikut adalah contoh analisis terhadap kasus bernuansa politik:

  • Kasus bernuansa politik: Pemilihan kepala daerah
  • Urgensi kasus: Pemilihan kepala daerah merupakan peristiwa penting yang menentukan pemimpin daerah.
  • Dampak kasus: Pemilihan kepala daerah dapat berdampak positif maupun negatif terhadap masyarakat. Dampak positifnya adalah terpilihnya pemimpin yang berintegritas dan mampu membawa kemajuan bagi daerah. Dampak negatifnya adalah terpilihnya pemimpin yang tidak berintegritas dan hanya mementingkan kepentingan pribadi atau kelompok.
  • Solusi: Solusi untuk menyelesaikan kasus pemilihan kepala daerah adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memilih pemimpin yang berintegritas.

Dengan mengerjakan tugas mandiri 5.1, siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengidentifikasi dan menganalisis kasus bernuansa politik. Kemampuan ini penting untuk dimiliki oleh setiap warga negara agar dapat berpartisipasi dalam kehidupan politik yang demokratis.

Pemanfaatan Hasil Tugas Mandiri

Hasil tugas mandiri 5.1 dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk berbagai keperluan, di antaranya:

  • Mengisi portofolio
  • Mengikuti lomba karya tulis ilmiah
  • Menyajikan hasil analisis dalam seminar atau diskusi

Selain itu, hasil tugas mandiri 5.1 juga dapat dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan feedback terhadap hasil belajar siswa.