Breaking News

Tugas Seni Budaya Kelas 8 Halaman 169

Tugas Seni Budaya Kelas 8 Halaman 169: Mengenal Alat Musik Tradisional Indonesia

Pada halaman 169 buku Seni Budaya kelas 8 SMP, terdapat tugas untuk mengenal alat musik tradisional Indonesia. Tugas ini terdiri dari dua bagian, yaitu:

  • Menyebutkan 10 jenis alat musik tradisional dan asalnya
  • Menjelaskan cara memainkan 10 jenis alat musik tradisional tersebut

Untuk menjawab tugas ini, siswa perlu mempelajari materi tentang alat musik tradisional Indonesia yang terdapat pada bab 12. Materi tersebut membahas tentang jenis-jenis alat musik tradisional Indonesia, cara memainkannya, dan fungsinya dalam masyarakat.

Berikut adalah pembahasan lengkap tentang tugas Seni Budaya kelas 8 halaman 169:

Menyebutkan 10 Jenis Alat Musik Tradisional dan Asalnya

Berikut adalah 10 jenis alat musik tradisional Indonesia dan asalnya:

Nama Alat Musik Asal
Angklung Jawa Barat
Gamelan Jawa Tengah dan Jawa Timur
Saronen Jawa Tengah dan Jawa Timur
Seruling Jawa Tengah dan Jawa Timur
Rebab Jawa Tengah dan Jawa Timur
Gendang Jawa Tengah dan Jawa Timur
Gong Jawa Tengah dan Jawa Timur
Kolintang Sulawesi Utara
Sasando Nusa Tenggara Timur

Menjelaskan Cara Memainkan 10 Jenis Alat Musik Tradisional

Berikut adalah penjelasan cara memainkan 10 jenis alat musik tradisional Indonesia:

Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Cara memainkan angklung adalah dengan digoyangkan. Angklung biasanya dimainkan secara bersama-sama untuk mengiringi berbagai kesenian tradisional, seperti tari dan lagu.

Gamelan

Gamelan adalah alat musik tradisional yang terdiri dari berbagai macam instrumen, seperti gong, gendang, suling, dan sebagainya. Cara memainkan gamelan adalah dengan dipukul, ditabuh, atau ditiup. Gamelan biasanya dimainkan secara bersama-sama untuk mengiringi berbagai kesenian tradisional, seperti tari dan wayang.

Saronen

Saronen adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Cara memainkan saronen adalah dengan ditiup. Saronen biasanya dimainkan secara bersama-sama untuk mengiringi berbagai kesenian tradisional, seperti tari dan lagu.

Seruling

Seruling adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Cara memainkan seruling adalah dengan ditiup. Seruling biasanya dimainkan secara solo atau bersama-sama untuk mengiringi berbagai kesenian tradisional, seperti tari dan lagu.

Rebab

Rebab adalah alat musik tradisional yang terbuat dari kayu dan kulit hewan. Cara memainkan rebab adalah dengan digesek. Rebab biasanya dimainkan secara solo atau bersama-sama untuk mengiringi berbagai kesenian tradisional, seperti tari dan lagu.

Gendang

Gendang adalah alat musik tradisional yang terbuat dari kayu dan kulit hewan. Cara memainkan gendang adalah dengan dipukul. Gendang biasanya dimainkan secara solo atau bersama-sama untuk mengiringi berbagai kesenian tradisional, seperti tari dan lagu.

Gong

Gong adalah alat musik tradisional yang terbuat dari logam. Cara memainkan gong adalah dengan dipukul. Gong biasanya dimainkan secara bersama-sama untuk mengiringi berbagai kesenian tradisional, seperti tari dan lagu.

Kolintang

Kolintang adalah alat musik tradisional yang terbuat dari kayu. Cara memainkan kolintang adalah dengan dipukul. Kolintang biasanya dimainkan secara bersama-sama untuk mengiringi berbagai kesenian tradisional, seperti tari dan lagu.

Sasando

Sasando adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Cara memainkan sasando adalah dengan dipetik. Sasando biasanya dimainkan secara solo atau bersama-sama untuk mengiringi berbagai kesenian tradisional, seperti tari dan lagu.

Tugas Seni Budaya kelas 8 halaman 169 ini merupakan salah satu cara untuk mengenal lebih jauh tentang alat musik tradisional Indonesia. Dengan mempelajari tugas ini, siswa diharapkan dapat memahami jenis-jenis, cara memainkan, dan fungsi alat musik tradisional Indonesia.