Uji Kompetensi Sbk Kelas 8 Hal 144

Uji Kompetensi SBK Kelas 8 Hal 144: Fungsi Tema dalam Komik

Pada halaman 144 buku Seni Budaya kelas 8 semester 2, terdapat soal uji kompetensi yang membahas tentang fungsi tema dalam komik. Soal tersebut terdiri dari 2 pertanyaan, yaitu:

1. Sebutkan fungsi tema dalam komik!

2. Jelaskan salah satu fungsi tema dalam komik!

Jawaban:

1. Fungsi tema dalam komik adalah sebagai berikut:

  • Menjadi dasar atau acuan dalam pembuatan komik. Tema menentukan jalan cerita, karakter, dan latar belakang dalam komik.
  • Menyampaikan pesan atau amanat kepada pembaca. Tema dapat digunakan untuk menyampaikan pesan moral, sosial, atau pendidikan kepada pembaca.
  • Menarik minat pembaca. Tema yang menarik dapat membuat pembaca tertarik untuk membaca komik tersebut.

2. Salah satu fungsi tema dalam komik adalah menyampaikan pesan atau amanat kepada pembaca. Pesan atau amanat ini dapat berupa pesan moral, sosial, atau pendidikan. Misalnya, tema tentang lingkungan hidup dapat digunakan untuk menyampaikan pesan moral tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup. Tema tentang pendidikan dapat digunakan untuk menyampaikan pesan moral tentang pentingnya menuntut ilmu.

Berikut adalah contoh penerapan fungsi tema dalam komik:

  • Komik "Si Pitung" karya R.A. Kosasih memiliki tema tentang perjuangan melawan penjajah. Tema ini menyampaikan pesan moral tentang pentingnya melawan ketidakadilan.
  • Komik "Ayah" karya Teguh Santosa memiliki tema tentang kasih sayang orang tua. Tema ini menyampaikan pesan moral tentang pentingnya menghormati orang tua.
  • Komik "Si Entong" karya Budiman Sudjatmiko memiliki tema tentang pendidikan. Tema ini menyampaikan pesan moral tentang pentingnya menuntut ilmu.

Dengan memahami fungsi tema dalam komik, siswa dapat lebih memahami isi dan pesan yang disampaikan dalam komik. Selain itu, siswa juga dapat lebih kreatif dalam membuat komik dengan memilih tema yang tepat.