Kamis , April 18 2024

Uji Kompetensi Seni Budaya Halaman 155

Uji Kompetensi Seni Budaya Halaman 155: Makna Lagu dan Penciptanya

Uji kompetensi Seni Budaya halaman 155 merupakan bagian dari materi Seni Musik di bab 11 tentang menyanyikan lagu tradisional. Soal-soal dalam uji kompetensi ini bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa tentang materi tersebut, terutama dalam hal makna lagu dan penciptanya.

Soal 1

Sebutkan 10 lagu tradisional dan maknanya!

Jawaban

Berikut adalah 10 lagu tradisional dan maknanya:

  • Ampar-Ampar Pisang (Kalimantan Selatan): Menggambarkan suasana kehidupan masyarakat Kalimantan Selatan yang ceria dan penuh semangat.
  • Gundul-Gundul Pacul (Jawa Timur): Menggambarkan kehidupan petani yang bekerja keras dan ulet.
  • Cublak-Cublak Suweng (Jawa Tengah): Menggambarkan permainan anak-anak di Jawa Tengah.
  • Jaranan (Jawa Timur): Menggambarkan pertunjukan tari jaranan yang sarat dengan nilai-nilai budaya.
  • Sorak-Sorai (Sumatera Selatan): Menggambarkan suasana pesta rakyat yang penuh suka cita.
  • Burung Kakatua (Maluku): Menggambarkan keindahan alam Maluku.
  • Padang Bulan (Aceh): Menggambarkan suasana malam hari di Aceh.
  • Gending Sriwijaya (Sumatera Selatan): Menggambarkan kemegahan Kerajaan Sriwijaya.
  • Rasa Sayange (Maluku): Menggambarkan ungkapan cinta dan kasih sayang.

Soal 2

Apa yang dimaksud dengan lagu tradisional?

Jawaban

Lagu tradisional adalah lagu yang lahir dan berkembang di masyarakat secara turun-temurun. Lagu ini biasanya memiliki lirik dan melodi yang sederhana, tetapi sarat dengan nilai-nilai budaya.

Soal 3

Sebutkan ciri-ciri lagu tradisional!

Jawaban

Berikut adalah ciri-ciri lagu tradisional:

  • Lahir dan berkembang di masyarakat secara turun-temurun
  • Memiliki lirik dan melodi yang sederhana
  • Sarat dengan nilai-nilai budaya
  • Biasanya dinyanyikan secara bersama-sama
  • Diiringi dengan alat musik sederhana

Soal 4

Sebutkan fungsi lagu tradisional!

Jawaban

Lagu tradisional memiliki berbagai fungsi, yaitu:

  • Sebagai sarana hiburan
  • Sebagai sarana pendidikan
  • Sebagai sarana pelestarian budaya
  • Sebagai sarana perekat kebersamaan

Soal 5

Siapa saja yang berperan dalam pelestarian lagu tradisional?

Jawaban

Pelestarian lagu tradisional dapat dilakukan oleh berbagai pihak, yaitu:

  • Pemerintah
  • Masyarakat
  • Lembaga pendidikan
  • Lembaga kesenian

Pembahasan

Soal-soal dalam uji kompetensi Seni Budaya halaman 155 dapat dijawab dengan baik jika siswa telah memahami materi tentang lagu tradisional. Soal-soal tersebut dapat menjadi sarana untuk mengukur pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Selain itu, uji kompetensi ini juga dapat menjadi sarana untuk melatih siswa dalam berpikir kritis dan kreatif. Siswa dituntut untuk dapat memahami makna lagu tradisional dan menyampaikannya dalam bentuk tulisan.